NOVI, WAHYUNI (2024) PENGARUH MEDIA ANIMASI AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI MIN 10 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan menyimak cerita pada peserta didik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media animasi audio visual terhadap keterampilan menyimak cerita anak pada peserta didik kelas V di MIN 10 Bandar Lampung. Agar mencapai tujuan pembelajaran menyimak cerita peserta didik lebih aktif dan efektif, diperlukan adanya media pembelajaran yang baik dan menarik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif bersifat Quasi Eksperimen dan memakai desain penelitian Two Group Posttest Only dengan menggunakan dua kelas yaitu, kelas Vb yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok eksperimen menggunakan media audio visual dan kelas Vc yang berjumlah 30 siswa sebagai kelompok kontrol menggunakan media audio. Jumlah populasi dalampenelitian ini yaitu 131 siswa pada kelas V kemudian jumlah sampel yang digunakan yaitu 64 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes lisan, tes tertulis dan dokumentasi (foto dan video). Dalam penelitian ini memiliki dua kelompok variabel, yaitu variabel bebas (media animasi audio visual) dan variabel terikat (keterampilan menyimak). Hasil penelitian keterampilan menyimak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan hasil yang sangat signifikan yaitu nilai thitung > ttabel 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti pembelajaran menggunakan media animasi audio visual berpengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita dengan rata-rata nilai kelas eksperimen 84,1. Sedangkan rata-rata nilai pada kelas kontrol yang hanya menggunakan media audio saja yaitu 70,4. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media animasi audio visual yang telah dilakukan berpengaruh terhadap keterampilan menyimak cerita anak pada peserta didik kelas V di MIN 10 Bandar Lampung. Kata Kunci : Media Audio Visual, Keterampilan Menyimak iii ABSTRACT This research is motivated by the still low listening comprehension skills in students. This study aims to determine the effect of audio-visual animation media on the listening skills of children's stories among fifth-grade students at MIN 10 Bandar Lampung. To achieve the learning objective of having students listen to stories more actively and effectively, it is necessary to have good and engaging learning media. This research employs a quantitative method of a quasi experimental nature and uses a Two Group Posttest Only research design with two classes: class Vb, consisting of 34 students as the experimental group using audiovisual media, and class Vc, consisting of 30 students as the control group using audio media. The total population in this study is 131 students in grade V, while the sample size used is 64 students.The data collection techniques used in this research include oral tests, written tests, and documentation. (foto dan video). This study has two groups of variables, namely the independent variable (audio-visual animation media) and the dependent variable. (listening skills). The results of the research on listening skills in the experimental class and the control class show very significant results, namely the value of t count > t table 0.000 < 0.05. This indicates that H0 is rejected and Ha is accepted, which means that learning using audio-visual animation media has an effect on listening skills for stories, with an average score of the experimental class being 84.1. Meanwhile, the average score in the control class, which only used audio media, is 70.4. Based on the results of the research that has been conducted, it can be concluded that learning using audio-visual animation media has an impact on the listening skills of children's stories among fifth-grade students at MIN 10 Bandar Lampung. Keywords: Audio Visual Media, Listening Skills
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Nov 2024 06:58 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 06:58 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |