NORMA, ANITA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MEDIA KOMIK TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS IV DI MIN 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran bahasa indonesia yang cenderung rendah, pembelajaran yang kurang bervariasi dan belum memanfaatkan media pembelajaran sehingga pembelajaran masih terbilang monoton dan membosankan hal ini berpengaruh pada hasil balajar peserta didik. Maka dari itu peneliti mencoba untuk menerapkan model pembelajaran Word Square dengan berbantuan media komik untuk membantu proses belajar mengajar dengan harapan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik terutama pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Sesuai dengan tujuan penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Word Square berbantuan media komik terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di kelas IV di MIN 4 Bandar Lampung . Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, jenis ekperimen yang digunakan adalah Quasy Eksperimental Posttest only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik klas IV di MIN 4 Bandar Lampung yang berjumlah 60 peserta didik dengan 20 dikelas A, 20 peserta didik di kelas B, dan 20 pesera didik di kelas C. teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan teknik Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan test objektif, wawancara dan dokumentasi, setelah data objektif dikumpulkan kemudian dilakukan pengolahan dengan menggunakan analisis data statistik dengan menggunakan uji -t. Hasil penelitian rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunaka model pembelajaran Word Square berbantun media komik mencapai 80,5 sedangkan nilai rata-rata yang didapat pada kelas kontrol menggunkan model pembelajaran Direct instruction mecapai rata-rata 57,25 . Berdasarkan analisis data dari hsil uji T dapat disimpulkan bahwa data taraf signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square berbantuan media komik berpengruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia di MIN 4 Bandar Lampung. Kata Kunci: Model pembelajaran Word Square, Media Komik, Hasil belajar Bahasa Indonesia iii ABSTRACT This research is motivated by the problem of student learning outcomes in Indonesian language learning which tend to be low, learning is less varied and does not utilize learning media so that learning is still fairly monotonous and boring, this has an effect on student learning outcomes. Therefore, researchers try to apply the Word Square learning model with the help of comic media to help the teaching and learning process with the hope of improving student learning outcomes, especially in learning Indonesian. In accordance with the aim of this research, it aims to determine the effect of the Word Square learning model assisted by comic media on Indonesian language learning outcomes in class IV at MIN 4 Bandar Lampung. This research uses experimental research with a quantitative approach, the type of experiment used is Quasy Experimental Posttest only control design. The population in this study were all class IV students at MIN 4 Bandar Lampung, totaling 60 students with 20 students in class A, 20 students in class B, and 20 students in class C. The data collection technique in this study used the Random Sampling technique. . Data collection was carried out using objective tests, interviews and documentation. After the objective data was collected, it was processed using statistical data analysis using the t-test. The research results showed that the average learning outcomes of students who used the Word Square learning model assisted by comic media reached 80.5, while the average score obtained in the control class using the Direct Instruction learning model reached an average of 57.25. Based on data analysis from the T test results, it can be concluded that the data at the significance level is 0.000 < 0.05, so H0 is rejected and H1 is accepted. So it can be concluded that the Word Square learning model assisted by comic media has an influence on Indonesian language learning outcomes at MIN 4 Bandar Lampung. Keywords: Word Square learning model, Comic Media, Indonesian Language learning outcomes
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 08:04 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 08:04 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36184 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |