STRATEGI PENGURUS PANTI DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN BUSSAINA BANDAR LAMPUNG

MIFTAKHUL, JANAH (2024) STRATEGI PENGURUS PANTI DALAM PENGEMBANGAN LIFE SKILL PADA ANAK ASUH DI PANTI ASUHAN BUSSAINA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT 1 5 MIFTAKHUL.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI MIFTAKHUL JANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Nilai sosial menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia untuk acuan bertingkah laku dalam berinteraksi dengan sesama sehingga keberadaannya dapat diterima di masyarakat. Nilai sosial tidak bisa muncul begitu saja tanpa adanya proses yang bekelanjutan dalam kehidupan manusia. Apalagi bagi anak yang berada di lingkungan panti asuhan. Anak asuh biasanya berada di panti asuhan karena adanya beberapa hal yang dapat menimbulkan rasa tidak mau bersosial dengan orang lain. Panti asuhan merupakan salah satu lembaga perlindungan anak yang berfungsi memberikan perlindungan terhadap anak-anak sebagai wakil orang tua dalam memenuhi kebutuhan mental dan sosial pada anak-anak asuh agar mereka memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri sampai mencapai tingkat kedewasaan yang matang serta mampu melaksanakan perannya sebagai induvidu dan sebagai warga negara di dalam kehidupan sosial masyarakat. Banyaknya masalah sosial yang melatar belakangi anak-anak terlantar dan akhirnya masuk kedalam panti asuhan sosial anak, hal tersebut menyebabkan banyaknya anak yang tidak memilkiki keterampilan dalam dirinya karena tidak ada yang membimbing serta memberikan pemahaman tentang life skill pada setiap anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengurus panti dalam pengembangan life skill pada anak asuh di Panti Asuhan Bussaina, serta untuk mengetahui dampak dari pengembangan life skill pada anak asuh di Panti Asuhan Bussaina. Metode penelitian dalam skripsi ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field reserch). Adapun sifat dari penelitian ini adalah Deskriptif yaitu penulis akan mendeskripsikan data temuan lapangan. Metode pengumpulan data berupa observasi dimana peneliti mengamati secara langsung dilapangan, wawancara yang dimana peneliti berkomunikasi secara verbal dalam bentuk percakapan untuk memperoleh informasi dan dokumentasi yang bertujuan untuk memperoleh gambaran umum deskripsi lokasi penelitian. Dalam wawancara yang digunakan kepada informan menggunakan teknik purposive sampling, dan dokumentasi yang didapatkan dari kegiatan pelaksanaan di Panti Asuhan Bussaina. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Strategi pengurus panti terhadap anak-anak asuh di panti asuhan Bussaina memfokuskan starteginya pada pengembangan life skill. Strategi pengurus panti dalam pengembangan life skill melakukan beberapa kegiatan keterampilan kepada anak asuh antara lain keterampilan akademik, keterampilan komunikasi, keterampilan kewirausahaan, keterampilan teknologi, dan kerampilan keagamaan. Kegiatan-kegiatan tersebut memberikan dampak positif, seperti anak asuh di panti asuhan Bussaina bisa melanjutkan ke perguruan tinggi melalui beasiswa atau prestasi, mampu berkomunikasi dan menyampaikan ide dengan baik di depan umum, membuka toko atau usaha sendiri, memasarkan produk melalui platfrom online, dan melestarikan budaya islam seperti hadroh. Kata Kunci : Strategi, Pengembangan Life Skill. ABSTRACT Social values are an important part of human life as a reference for behavior in interacting with others so that their existence can be accepted in society. Social values cannot just appear without a continuous process in human life. Especially for children who are in an orphanage environment. Foster children are usually in orphanages because of several things that can cause them to feel like they don't want to socialize with other people. An orphanage is a child protection institution whose function is to provide protection for children as representatives of parents in meeting the mental and social needs of foster children so that they have the opportunity to develop themselves until they reach a mature level of maturity and are able to carry out their roles as individuals. and as citizens in the social life of society. There are many social problems that cause children to be abandoned and eventually end up in children's social orphanages, this causes many children to not have the skills themselves because no one guides and provides an understanding of life skills for each child. This research aims to find out the strategies of orphanage administrators in developing life skills for foster children at the Bussaina Orphanage, as well as to determine the impact of developing life skills for foster children at the Bussaina Orphanage. The research method in this thesis is descriptive qualitative using field research. The nature of this research is descriptive, that is, the author will describe the field findings data. Data collection methods are in the form of observation where the researcher observes directly in the field, interviews where the researcher communicates verbally in the form of conversation to obtain information and documentation which aims to obtain a general description of the research location. In interviews with informants, purposive sampling techniques were used, and documentation was obtained from implementation activities at the Bussaina Orphanage. The results of this research show that the orphanage management's strategy for foster children at the Bussaina orphanage focuses its strategy on developing life skills. The strategy for orphanage administrators in developing life skills is to carry out several skills activities for foster children, including academic skills, communication skills, entrepreneurial skills, technological skills and religious skills. These activities have a positive impact, such as foster children at the Bussaina orphanage being able to go to college through scholarships or achievements, being able to communicate and convey ideas well in public, opening their own shop or business, marketing products via online platforms, and preserving Islamic culture such as hadroh. Keywords: Strategy, Life Skill Development.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2024 07:26
Last Modified: 04 Nov 2024 07:26
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36179

Actions (login required)

View Item View Item