ARFANIRA, PRAKISYA WIBOWO (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN FRAYER BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-MUNAWAROH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penguasaan kosakata siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris, terlihat pada hasil tes pra penelitian hanya 42% siswa yang mampu mencapai nilai dalam kategori baik. Berdasarkan hal tersebut maka inovasi pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada mata pelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Pengaruh Model Pembelajaran Frayer berbantuan media Flashcard Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawaroh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas V di Madrasah Ibtiaiyah Al-Munawaroh, jenis penelitian ini menggunakan Quasy Experiment dengan desain penelitian Only Posttest Control Group Design, sehingga akan diberikan instrumen posttest kepada kelas kontrol dan eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawaroh dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik total sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas diantaranya kelas eksperimen yaitu kelas V B dan kelas kontrol yaitu kelas V A. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, tes uraian, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka hasil penelitian berdasarkan hasil perhitungan uji-T (Independent Sampels T-Test) sesuai dengan keputusan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini dengan taraf signifikasi 5% (0,05) pada nilai sig. (2-tailed) < 0,05 (0,002 < 0,05) maka dapat ditarik kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima dengan keterangan bahwa model pembelajaran Frayer berbantuan media flashcard berpengaruh signifikan terhadap kemampuan penguasaan kosakata siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawaroh. Kata kunci: Model Pembelajaran Frayer, Media Flashcard, Penguasaan Kosakata, Bahasa Inggris. ii ABSTRACT This research is motivated by the low vocabulary mastery ability of students in English subjects, in the results of the pre-research test, only 42% of students were able to achieve scores in the good category. Based on this, learning innovations are needed to improve students' vocabulary mastery in English subjects. This study aims to see the effect of the Frayer Learning Model assisted by Flashcard media on the vocabulary mastery ability of Class V students in English Language Subjects at Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawaroh. This research is a quantitative research with the population of all grade V students at Madrasah Ibtiaiyah Al-Munawaroh, this type of research uses a Quasy Experiment with a Only Posttest Control Group Design, so that posttest instruments will be given to the control and experimental classes. This research was carried out at Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawaroh with a sampling technique, namely by total sampling technique. The sample of this study consisted of two class groups, including the experimental class, namely class V B, and the control class, namely class V A. This study used data collection techniques in the form of interviews, description tests, and documentation. Based on the data analysis that has been carried out, the results of the research are based on the results of the calculation of the T-test (Independent Samples T-Test) in accordance with the decision of the data analysis technique used in this study with a significance level of 5% (0.05) on the sig. (2-tailed) < 0.05 (0.002 < 0.05), then it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted with the information that the Frayer learning model assisted by flashcard media significant influence on the vocabulary mastery ability of class V students in English language subjects at Madrasah Ibtidaiyah Al-Munawaroh. Keywords: Frayer Learning Model, Flashcard Media, Vocabulary Mastery, English Language.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 04:21 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 04:21 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36174 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |