Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explan, And Create) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mata Pelajaran IPA Kelas V di MIN 8 Bandar Lampung

NURUL, SOFIA (2024) Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explan, And Create) terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Mata Pelajaran IPA Kelas V di MIN 8 Bandar Lampung. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NURUL SOFIA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan berfikir kritis peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitain ini adalah untuk mengetahui dan memahami apakah ada pengaruh signifikan model pembelajaran RADEC (read, answer, discuss, explain, create) terhadap kemampuan berfikir kritis mata pelajaran IPA kelas V di MIN 8 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen Quasi Eksperimen Design. Jenis penelitian menggunakan pretest dan posttest dan dirancang dengan desain Nonequevalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik cluster random sampling yang dipilih secara random. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V A, V B, V C, dan sampel penelitian adalah peserta didik kelas VB sebagai kelas kontrol dan VC sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Sebelum data dilakukan penelitian maka data terlebih dahulu di uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Setelah memperoleh instrumen yang valid maka instrumen tersebut dilakukan analisis uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Kemudian setelah memenuhi uji prasyarat tersebut maka data dianalisis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t-independent dengan menggunakan program SPSS 26 maka menujukkan bahwa pada bagian sig (2tailed) maka nilainya kurang dari 0,05 yaitu 0,00 dan 0,00 < 0,05 maka ada pengaruh signifikan model pembelajaran RADEC (read, answer, discuss, explain, create) terhadap kemampuan berfikir kritis mata pelajaran IPA di MIN 8 Bandar Lampung. Kata Kunci: Model RADEC (read, answer, discuss, explain, create), Berfikir Kritis iii ABSTRACT This research is motivated by the low critical thinking skills of students. The aim of this study is to identify and understand whether there is a significant influence of the RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) learning model on the critical thinking skills in science subjects of fifth-grade students at MIN 8 Bandar Lampung. This study employs a quantitative approach with a type of quasi-experimental research design. The research type uses a pretest and posttest and is designed with a Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique used is cluster random sampling, selected randomly. The research population consists of fifth-grade students in classes VA, VB, and VC, with the research sample being class VB as the control group and class VC as the experimental group. The data collection technique used is testing. Before conducting the research, the data is first tested for validity, reliability, difficulty level, and discriminating power. After obtaining valid instruments, a prerequisite test analysis is conducted, including normality and homogeneity tests. After meeting these prerequisites, the data is analyzed using the t-test. Based on the results of prerequisite and hypothesis testing using the independent t-test with SPSS 26, it shows that in the sig (2-tailed) section, the value is less than 0.05, namely 0.00 and 0.00 < 0.05, indicating a significant influence of the RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) learning model on the critical thinking skills in science subjects at MIN 8 Bandar Lampung. Keywords: RADEC Model (Read, Answer, Discuss, Explain, Create), Critical Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Nov 2024 04:03
Last Modified: 04 Nov 2024 04:03
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36172

Actions (login required)

View Item View Item