Renita, Indriyani (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MICROSOFT SWAY TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V MIN 8 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar bahasa indonesia dalam pembelajaran cukup rendah. Disebabkan selama proses pembelajaran yang dilakukan belum diperbarui sehingga mempengaruhi hasil beljar siswa yaitu media yang digunakan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Signifikan Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Microsoft Sway Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V Min 8 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen Quasi Eksperimen Desig. Jenis penelitian menggunakan Pretest dan Posttest dan dengan teknik Cluser Random Sampling yang dipih secara rendom. Populasi penelitian adalah kelas VA, VB. VC, dan sampel dalam penelitian ini peserta didik kelas VB sebagai kelas eksperimen dan VC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Sebelum data dilakukan penelitian maka data terlebih dahulu diuji validitas, realibitas,tingkat kesukaran dan daya pembeda. Setelah memperoleh instrumen yang valid maka instrumen tersebut dilakukan analisis uji prasyarat tersebut maka data dianalisis menggunakan uji T. Berdasarkan hasil perhitungan uji prasyarat dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t independent dengan menggunakan program SPSS 22 maka menunjukkan bahwa pada bagian sig (2tailed) maka nilainya kurang dari 0,05 yaitu 0,00 dan 0,00< 0,05 maka ada pengaruh signifikan penggunaan Multimedia Interaktif berbasis Microsoft Sway terhadap hasil belajar bahasa indonesia kelas V MIN 8 Bandar Lampung. Kata Kunci: Microsoft Sway, multimedia interaktif, hasil belajar, bahasa Indonesia, kelas V ii ABSTRACT This research is motivated by the low learning outcomes in Indonesian language learning. This is caused by the teaching process that has not been updated, thus affecting students' learning outcomes, namely the media used by teachers. The purpose of this study is to determine whether there is a significant effect of using interactive multimedia based on Microsoft Sway on Indonesian language learning outcomes for Grade 5 students at MIN 8 Bandar Lampung. This research is a type of quantitative research using a quasi experimental design. The type of research uses a pre-test and post-test design with cluster random sampling. The population of this study is classes VA, VB, VC, and the sample in this study is the students of class VB as the experimental class and VC as the control class. The data collection technique used is a test. Before the data was analyzed, the data was first tested for validity, reliability, difficulty level, and discriminating power. After obtaining a valid instrument, the instrument was analyzed using a t-test. Based on the results of the calculation of the pre-test and hypothesis test using an independent t-test with SPSS 22, it shows that in the sig (2-tailed) part, the value is less than 0.05, namely 0.00, and 0.00 < 0.05, so there is a significant effect of using interactive multimedia based on Microsoft Sway on Indonesian language learning outcomes for Grade 5 students at MIN 8 Bandar Lampung. Keywords : Microsoft Sway,interactive multimedia, learning outcomes,indonesia lauguage,fifth grade
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:25 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:25 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36169 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |