YESI, KUSNIA (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKn DI KELAS V SD NEGERI 1 TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreativitas siswa peserta didik yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap kreativitas peserta didik pada mata pelajaran PPKn kelas V di SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Sampling (Area Sampling). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V A, V B, V C, dan sampel pada penelitian ini kelas V A sebagai kelas eksperimen an kelas V B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentası. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa darı hasil uji hipotesis Independent Sample T-test yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan Sig (2-tailed) artinya metode pembelajaran tutor sebaya memberikan pengaruh signifikan terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V SD Negeri I Tanjung Senang Bandar Lampung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran PPKn kelas V di SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. Kata Kunci: Metode Pembelajaran tutor sebaya, Kreativitas Siswa ii ABSTRACT This research was motivated by the students' low creativity. The aim of this research is to determine the effect of the peer tutoring learning method on students' creativity in class V PPKn subjects at SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. This research is quantitative research. The type of research used is Quasi Experimental with a Nonequivalent Control Group Design design. The sampling technique used is Cluster Sampling (Area Sampling). The population of this study were students in classes V A, V B, V C, and the sample in this study was class V A as the experimental class and class V B as the control class. The data collection techniques used were interviews, observation, questionnaires and documentation. The data analysis techniques used are normality test, homogeneity test, and hypothesis test. The results of this research show that from the results of the Independent Sample T-test hypothesis test carried out in the experimental class and control class, it was found that the Sig (2-tailed) meaning that the peer tutoring learning method had a significant influence on student creativity in Civics subjects. class V of SD Negeri I Tanjung Senang Bandar Lampung. So it can be concluded of the peer tutoring learning method on student creativity in class V Civics subjects at SD Negeri 1 Tanjung Senang Bandar Lampung. Keywords: Peer Tutor Learning Method, Student Creativity
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 03:14 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 03:14 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |