Sherly, Anggraini (2024) STUDI KESIAPAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SMP AL-HUDA JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesiapan yang dilakukan SMP Al-Huda Jati Agung terutama kesiapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar sertauntuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan kurikulum merdeka belajar di SMP Al-Huda Jati Agung. Penelitian ini merupakan penelitian Field Reseach dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini yaitu kepala madrasah, wakil bidang kurikulum, dan Guru Pendidikan Agama Islam. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis datamenggunakan model Interaktif Sedangkan teknik keabsahan data pada penelitian ini menggunakan Triangulasi Sumber. Hasil penelitiannya ialah 1)Studi kesiapan Guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka yang berfokuskan pada kompetensi pedagogik di sekolah SMP Al-Huda Jati Agung sudah siap dan cukup baik, hal ini dikarenakan selain dengan mempersiapkan diri untuk beradaptasi dengan kurikulum baru yakni kurikulum merdeka, guru PAI SMP Al-Huda Jati Agung juga sudah siap dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar. Selanjutnya guru PAI juga berusaha kuat agar menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik. Tentunya agar tugas dan tanggungjawab dapat tersalurkan dengan baik terdapat niat dan usaha yang begitu kuat pada diri seorang guru PAI hal yang dilakukan adalah dengan cara mendidik siswa siswi dengan telandan, membimbing dan mengenali kebutuhan atau kemampuan peserta didik, menciptakan situasi yang kondusif dan menyenangkan saat belajar, melakukan inovasi dalam pembelajaram, mengupgrade pengetahuan dengan melakukan pelatihan atau workshop bahkan berinisiatif mengikuti pelatihan online. agar tujuan kurikulum merdeka tercapai yakni menciptakan pendidikan yang menyenangkan, mengejar ketertinggalan pembelajaran dan mengembangkan potensi peserta didik. 2) Faktor pendukung studi kesiapan guru PAI dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka adalah sekolah menyediakan dan melaksanakan pelatihan untuk guru PAI terkait kurikulum merdeka selain itu adanya sarana dan prasarana yang memadai seperti ruang kelas yang nyaman dan bersih, perpustakaan, laptop dan LCD Projector, ruang agama juga anggaran yang disiapkan ii oleh pihak sekolah untuk memenuhi media belajar PAI dengan kurikulum merdeka salah satunya adalah anggaran untuk mencetak modul atau buku panduan guru dan siswa. Kata kunci: Guru Pendidikan Agama Islam, Kurikulum Merdeka, Studi Kesiapan iii ABSTRACT The aim of this research is to describe the readiness of Al-Huda Jati Agung Middle School, especially the readiness of PAI teachers in implementing the free learning curriculum, to describe the readiness of PAI teachers in implementing the free learning curriculum at Al-Huda Jati Agung Middle School and to find out the supporting and inhibiting factors for teachers. This research is a Field Research study with a qualitative approach. The data sources for this research are madrasa heads, curriculum representatives, and Islamic Religious Education Teachers. The data collection techniques used in this research are interviews, observation and documentation. The data analysis technique uses an interactive model. Meanwhile, the data validity technique in this research uses source triangulation. The results of the research are 1) The study of PAI teachers' readiness in implementing the independent curriculum which focuses on pedagogical competence at Al-Huda Jati Agung Middle School is ready and quite good, this is because apart from preparing themselves to adapt to the new curriculum, namely the independent curriculum, PAI teachers Al-Huda Jati Agung Middle School is also ready for learning planning, learning implementation and learning evaluation in the independent learning curriculum. Furthermore, PAI teachers also try hard to carry out their duties and responsibilities well. Of course, so that duties and responsibilities can be channeled well, there is a very strong intention and effort in a PAI teacher. What is done is by educating students in a caring manner, guiding and recognizing the needs or abilities of students, creating a conducive and enjoyable situation when learning. , innovate in learning, upgrade knowledge by conducting training or workshops and even take the initiative to take part in online training. so that the objectives of the independent curriculum are achieved, namely creating enjoyable education, catching up with learning and developing students' potential. 2) The supporting factor for studying the readiness of PAI teachers in implementing the independent curriculum is that schools provide and carry out training for PAI teachers related to the independent curriculum, apart from that there are adequate facilities and infrastructure such as comfortable and clean classrooms, libraries, laptops and LCD projectors, religious rooms as well One of the budgets prepared by the school to fulfill PAI learning media with the independent curriculum is the budget for printing modules or teacher and student guidebooks. Keywords : Independent Curriculum, PAI Teacher, Readiness Study
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 01 Nov 2024 07:26 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 07:26 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36157 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |