PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Siswa Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Kalianda)

HILMI, HANIF (2024) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MELALUI SELF-EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVERNING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada Siswa Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 1 Kalianda). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI HILMI HANIF.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of BAB I, II & DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Jumlah pengangguran lulusan sekolah kejuruan di Lampung Selatan tahun 2024 belum mengalami penurunan yang signifikan, hal tersebut dikarenakan masih banyak siswa SMK yang terpaku dengan mencari kerja dibandingkan berwirausaha sendiri. Sulitnya mencari pekerjaan merupakan penyebab pengangguran di Tingkat sekolah kejuruan. Karir berwirausaha dapat menjadi alternatif tepat untuk mengurangi pengangguran dari tingkat Sekolah Kejuruan, khususnya pada siswa Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, SMKN 1 Kalianda. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha serta self-efficacy sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan mengambil sampel sebanyak 60 Siswa Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMKN 1 Kalianda, dengan teknik purposive sampling yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala likert 5 poin. Analisis data yang digunakan adalah persamaan model struktural dengan metode partial least square (PLS-SEM) menggunakan aplikasi smartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan kewirausahaan mampu meningkatkan minat berwirausaha siswa, melalui self-efficacy dan berdampak pada peningkatan minat berwirausaha siswa. Hal tersebut ditandai dengan nilai original sample sebesar 0.440 dan nilai T-statistic menunjukkan nilai sebesar 3.819 serta nilai P-Values <0.000. Para guru telah menerapkan Pendidikan Kewirausahaan berlandaskan Al-Qur’an dan As-sunnah serta siswa dapat meningkatkan Efikasi diri dan bersedia berwirausaha dengan sifat Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh. Apabila pendidikan kewirausahaan diimbangi dengan self efficacy, maka siswa tidak akan ragu mencapai tujuan untuk memulai suatu usaha karena yakin terhadap kemampuannya. Kata Kunci: Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha, Self Efficacy. ABSTRACT The unemployment rate among vocational school graduates in South Lampung in 2024 has not seen a significant decrease, mainly because many vocational school students are still focused on seeking employment rather than starting their own businesses. The difficulty in finding jobs is a key factor contributing to unemployment among vocational school graduates. Entrepreneurship can be a suitable alternative to reduce unemployment among vocational school students, particularly those in the Online Business and Marketing Department at SMKN 1 Kalianda. The purpose of this research is to examine the influence of entrepreneurship education on entrepreneurial interest, with self-efficacy as a mediating variable. This research employs a descriptive quantitative method by sampling 60 students from the Online Business and Marketing Department at SMKN 1 Kalianda. The sampling technique used is purposive sampling, and data was collected through a questionnaire with a 5-point Likert scale. The data analysis was conducted using structural equation modeling (SEM) with the partial least square method (PLS-SEM) using the SmartPLS application. The research results show that entrepreneurship education can enhance students' interest in entrepreneurship, particularly through self-efficacy, which significantly impacts their entrepreneurial interest. This is evidenced by an original sample value of 0.440, a T-statistic value of 3.819, and a P-value of less than 0.000. The teachers have implemented entrepreneurship education based on the principles of the Qur'an and As-sunnah, allowing students to improve their self-efficacy and pursue entrepreneurship with the qualities of Shiddiq, Amanah, Fathonah, and Tabligh. When entrepreneurship education is complemented by self-efficacy, students are less likely to hesitate in achieving their goals of starting a business, as they have confidence in their abilities. Keywords: Entrepreneurship Education, entrepreneurial interest, Self Efficacy.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 31 Oct 2024 02:40
Last Modified: 31 Oct 2024 02:40
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36136

Actions (login required)

View Item View Item