PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LITERASI MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 6 BANDAR LAMPUNG

ARTIANA, RAHMADANI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK OPTIMALISASI PEMBELAJARAN LITERASI MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS III MIN 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 ARTIANA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ARTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK literasi. Pada abad 21 sekarang dikenal dengan adanya pembelajaran Pembelajaran literasi merupakan proses yang mengintegrasikan penyelidikan secara kritis serta memerlukan keterampilan bagaimana mengakses, menganalisis, mengevaluasi, membuat dan mendistribusikan pesan dengan keterlibatan secara penuh dan partisipasi aktif. Pembelajaran literasi meliputi unsur keterampilan berbahasa yang terdiri dari keterampilan menulis, membaca, menyimak, berbicara dan bersastra. Dari kelima keterampilan tersebut yang menjadi sorotan adalah keterampilan membaca. Karena keterampilan membaca berperan penting dalam kesuksesan belajar siswa. Melalui Pembelajaran literasi, guru dapat menciptakan partisipasi siswa secara aktif. Siswa dituntut untuk kritis terkait informasi yang disampaikan melalui media baik dilihat, didengar atau digunakan oleh siswa Sebagian belajar dengan memerlukan media belajar ketika ini dengan optimal yakni literasi. Penelitiam ini memiliki tujuan untuk menghasilkan produk berupa media big book untuk optimalisasi pembelajaran literasi pada peserta didik kelas III di MIN 6 Bandar Lamoung. Dalam melakukan penelitian pengembangan big book ini menggunakan model ADDIE pada penelitian ini peneliti memakai model penelitian dengan mengarah dalam model ADDIE, model ini memuat dengan beberapa tahapan yaitu: Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi)dan , Evaluation (evaluasi). Validasi kelayakan dilaksanakan oleh tim validator yang terdiri dari dua ahli media, dua ahli materi dan dua ahli bahasa. Uji lapangan skala kecil berjumlah 15 peserta didik kelas III A MIN 6 Bandar Lampung. Sedangkan skala besar berjumlah 65 peserta didik yaitu: 32 peserta didik kelas III A dan 33 peserta didik kelas III B MIN 6 Bandar Lampung. Kemudian dilakukan uji keefektifan media menggunakan rumus N-Gain dengan uji coba skala kecil menggunakan pretest dan posttest dengan jumlah 15 peserta didik kelas III A. Sedangkan uji coba skala besar melakukan pretest dan posttest dengan jumlah 32 peserta didik kelas III A dan 33 peserta didik kelas III B MIN 6 Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli media big book layak digunakan dengan rata-rata nilai mencapai 87% (sangat layak) dari ahli materi, 83,5% (sangat layak) dari ahli media, dan 89% (sangat layak) dari ahli bahasa. Serta media big book diujicobakan pada skala kecil dan skala besar menghasilakan media big book sangat ii menarik dengan didapatkannya hasil nilai rata-rata mencapai nilai 91% dengan kategori “sangat menarik” dari respon peserta didik skala kecil dan rata-rata keseluruhan mencapai nilai 91% dengan kategori “sangat menarik” dari respon peserta didik skala besar. Keefektifan media big book berdasarkan uji N-Gain memperoleh hasil 0,39 dengan kategori “sedang” pada skala kecil sedangkan pada skala besar mencapai nilai 0,47 dengan kategori “sedang”. Sehingga dapat disimpulkan media big book ini efektif untuk mengoptimalkan pembelajaran literasi peserta didik didalam kelas, Kata kunci: Pengembangan, Media Big Book, Literasi iii ABSTRACT In the 21st century, literacy learning has become well-known. Literacy learning is a process that integrates critical inquiry and requires skills in accessing, analyzing, evaluating, creating, and distributing messages with full engagement and active participation. Literacy learning encompasses language skills, including writing, reading, listening, speaking, and literature. Among these skills, reading is particularly highlighted as it plays a crucial role in student learning success. Through literacy learning, teachers can foster active student participation. Students are required to be critical of information conveyed through various media, whether seen, heard, or used. Some students need optimal learning media, such as literacy, for their studies. This research aims to produce a product in the form of a big book media to optimize literacy learning for third-grade students at MIN 6 Bandar Lampung. In developing this big book, the research used the ADDIE model, which includes several stages: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The feasibility validation was conducted by a team of validators consisting of two media experts, two subject matter experts, and two language experts. A small-scale field test involved 15 third-grade students from class III A at MIN 6 Bandar Lampung, while the large-scale field test involved 65 students: 32 from class III A and 33 from class III B at MIN 6 Bandar Lampung. The effectiveness test of the media was carried out using the N-Gain formula, with small-scale trials involving pretests and posttests for 15 third-grade students in class III A. The large-scale trial also involved pretests and posttests with 32 third-grade students from class III A and 33 from class III B at MIN 6 Bandar Lampung. The research results show that the big book media is feasible for use, with an average score of 87% (highly feasible) from subject matter experts, 83.5% (highly feasible) from media experts, and 89% (highly feasible) from language experts. Additionally, the big book media tested on small and large scales proved to be very engaging, with an average score of 91% in the "very engaging" category from small-scale student responses and an overall average score of 91% in the "very engaging" category from large-scale student responses. The effectiveness of the big book media, based on the N-Gain test, showed a result of 0.39 in the "medium" category for the small scale and 0.47 in the "medium" category for the large scale. Therefore, it can be iv concluded that this big book media is effective in optimizing students' literacy learning in the classroom. Keywords: Development, Big Book, Literacy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2024 06:36
Last Modified: 29 Oct 2024 06:36
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36120

Actions (login required)

View Item View Item