P5 DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN PADA DIMENSI BERIMAN DI KELAS IV SD TAMAN SISWA TELUK BETUNG UTARA

Rina, Wati (2024) P5 DALAM KEGIATAN KEAGAMAAN PADA DIMENSI BERIMAN DI KELAS IV SD TAMAN SISWA TELUK BETUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1&5 RINA WATI.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of rina wati full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) adalah kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk memperkuat upaya mencapai kompetensi dan karakter yang sesuai dengan profil pelajar pancasila. Salah satu dimensi profil pelajar pancasila adalah dimensi beriman bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia. Indonesia merupakan negara yang sangat beragam, baik adat istiadat, budaya, bahasa, suku, maupun agama. Penting adanya moderasi beragama sebagai bagian dalam mengembangkan nilai-nilai keagamaan yang humanis dan toleransi yang menjadi dasar utama dalam menopang satu kesatuan yang beragam. SD Taman Siswa adalah salah satu sekolah swasta yang berlokasi di Kupang kota, Teluk betung utara yang mempunyai keberagaman agama yang menarik. Adapun Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi P5 dalam kegiatan keagamaan pada dimensi beriman dikelas IV SD Taman Siswa. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian ini berupaya menggambarkan suatu pristiwa atau fenomena yang terjadi dilapangan. Metode ini bertujuan untuk mendapatkan data yang mendalam, suatu data yang mengandung makna. Sehingga data-data yang dikumpulkan berupa kata-kata bukan berupa angka. Penelitian ini hanya menganalisis dan menyajikan fakta secara sistematis sehingga lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Data penelitian diperoleh melalui observasi (sebagai data utama), wawancara dan studi dokumen (sebagai data penunjang). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa pelaksanaan kegiatan P5 dimensi beriman dapat dilaksanakan melalui dua tahapan. Tahap pertama dalam bentuk kegiatan, tahap kedua dalam bentuk penanaman, dalam bentuk kegiatan P5 dilakukan seminggu satu kali dengan waktu sendiri, tapi pada aspek penanaman nilai-nilai keimanan ini dapat dilakukan setiap hari dengan melakukan pembiasaan sholat dzuhur berjamaah setiap hari, bacaan sholat dan menjadi imam sholat. Jadi secara iman sudah bagus tapi setelah P5 ii diterapkan dan dilaksanakan menjadi lebih sistematis, lebih teratur karena dirancang pada aspek keagamaannya. SD Taman siswa dalam menentukan tema projek yang akan dilaksanakan sekolah melibatkan seluruh tim fasilitator dalam proses pemilihan tema P5. Selain itu, terkait kesiapan sekolah dalam pelaksanaan P5 terlihat SD Taman Siswa sudah merancang alokasi waktu, topik projek dan modul projek yang disusun oleh koordinator projek serta diimplementasikan melalui kegiatan kebyar p5. Kata Kunci : P5, Kegiatan keagamaan, Dimensi beriman, SD Taman Siswa iii ABSTRACT The project to strengthen the Pancasila student profile (P5) is a project-based co-curricular activity designed to strengthen efforts to achieve competencies and characters in accordance with the Pancasila student profile. One of the dimensions of the Pancasila student profile is the dimension of faith in God Almighty and noble character. Indonesia is a very diverse country, both in customs, culture, language, ethnicity, and religion. It is important to have religious moderation as part of developing humanist religious values and tolerance which are the main basis in sustaining a diverse unity. SD Taman Siswa is one of the private schools located in Kupang city, North Teluk Betung which has interesting religious diversity. This study aims to describe the implementation of P5 in religious activities in the dimension of faith in class IV SD Taman Siswa. In this study the authors used a descriptive method, with a qualitative approach where in this study they tried to describe an event or phenomenon that occurred in the field. This method aims to obtain in-depth data, data that contains meaning. So that the data collected is in the form of words not numbers. This research only analyzes and presents facts systematically so that they are easier to understand and conclude. Research data is obtained through observation (as the main data), interviews and document studies (as data). Based on the results of research conducted by researchers that the implementation of P5 activities in the dimensions of faith can be carried out through two stages. The first stage is in the form of activities, the second stage is in the form of planting, in the form of P5 activities carried out once a week with its own time, but in the aspect of planting these faith values can be done every day by habituating dhuhur prayers in congregation every day, reading prayers and becoming prayer leaders. So faith is already good but after P5 is implemented and implemented it becomes more systematic, more organized because it is designed in the religious aspect. SD Taman Siswa in determining the theme of the project to be implemented, the iv school involves the entire facilitator team in the process of selecting the P5 theme. In addition, related to school readiness in the implementation of P5, it appears that SD Taman Siswa has designed time allocations, project topics and project modules compiled by the project coordinator and implemented through kebyar p5 activities. Keywords: P5, Religious activities, Dimension of faith, SD Taman Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Oct 2024 02:30
Last Modified: 29 Oct 2024 02:30
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36103

Actions (login required)

View Item View Item