Ade, Dea Ananda (2024) STRATEGI RUMAH BACA JENDELA LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK DI TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Membaca merupakan salah satu kegiatan yang penting bagi setiap manusia. Dengan membaca kita dapat mengetahui banyak informasi. Kondisi minat baca di Indonesia masih tergolong sangat rendah, fakta yang di ungkapkan UNESCO, Indonesia merupakan urutan kedua dari bawah tentang literasi dunia. Taman Baca Masyarakat merupakan salah satu upaya yang dapat meningkatkan minat baca masyarakat terhadap literasi. Bandar Lampung memiliki Taman Baca Masyarakat, salah satunya yaitu Rumah Baca Jendela Lampung, Rumah Baca tersebut memiliki rata-rata pengunjung anak yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Penulis melakukan penelitian mengenai Strategi Rumah Baca Jendela Lampung dalam meningkatkan minat baca anak di Teluk Betung Bandar Lampung. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan Strategi yang dilakukan Rumah Baca jendela lampung dalam meningkatkan minat baca anak dan Faktor pendukung serta faktor penghambat Rumah Baca Jendela Lampung dalam meningkatkan minat membaca pada anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi, dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi yang dilakukan Rumah Baca Jendela Lampung terdiri dari melakukan program kegiatan yang menarik dengan melakukan pembelajaran mingguan dan melakukan kegiatan kolaborasi, menyediakan perpustakaan mini dengan buku yang menarik, Pemberian hadiah atau penghargaan, Kampanye literasi yaitu berkolaborasi dengan organisasi, keterbukaan terhadap pengunjung, memanfaatkan teknologi serta menyediakan ruangan dan fasilitas yang nyaman. Adapula Faktor Pendukung Rumah Baca Jendela lampung dalam meningkatkan minat membaca pada anak. meliputi kerjasama antar tim yang baik, kepercayaan dari masyarakat yang tinggi, volunteer sudah terlatih dengan tugasnya, hubungan antar komunitas atau organisasi yang baik, dan fasilitas yang cukup iii memadai. Faktor Penghambat Rumah Baca Jendela lampung dalam meningkatkan minat membaca pada anak yaitu banyaknya adik-adik yang datang di kegiatan mingguan sedangkan para volunteer yang datang tidak sampai setengahnya dari jumlah adik-adik, kendala dalam pemanfaatan teknologi, koleksi buku yang belum di-upgrade, dan pencatatan administrasi buku yang masih terbilang manual. Kata kunci: Taman Baca Masyarakat, Strategi, Membaca. iv ABSTRACT Reading is one of the important activities for every human being. By reading we can find out a lot of information. The condition of reading interest in Indonesia is still very low, the fact revealed by UNESCO, Indonesia is second from the bottom regarding world literacy. Community Reading Parks are one of the efforts that can increase public interest in reading literacy. Bandar Lampung has a Community Reading Park, one of which is the Lampung Window Reading House, the Reading House has an average of child visitors that increases every year. The author conducted a study on the Strategy of the Lampung Window Reading House in increasing children's reading interest in Teluk Betung Bandar Lampung. With the aim of describing the Strategy carried out by the Lampung Window Reading House in increasing children's reading interest and the supporting factors and inhibiting factors of the Lampung Window Reading House in increasing children's reading interest. This study uses a qualitative descriptive approach. Data collection was carried out by conducting interviews, observations, and documentation. Data analysis used in this study was carried out by reducing the data, after which it was presented in the form of a description, and verified by drawing conclusions. The results of this study indicate that: The strategies carried out by the Jendela Lampung Reading House consist of carrying out interesting activity programs by conducting weekly learning and conducting collaborative activities, providing a mini library with interesting books, giving gifts or awards, literacy campaigns, namely collaborating with organizations, openness to visitors, utilizing technology and providing comfortable rooms and facilities. There are also Supporting Factors for the Jendela Lampung Reading House in increasing children's interest in reading. including good teamwork, high public trust, volunteers who have been trained with their duties, good relationships between communities or organizations, and adequate facilities. Inhibiting Factors for the Jendela Lampung Reading House in increasing children's interest in reading are the large number of children who come to weekly activities while the volunteers who come are less than half of the number of children, v obstacles in utilizing technology, book collections that have not been upgraded, and book administration records that are still relatively manual. Keywords: Community Reading Park, Strategy, Reading.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 05:28 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 05:28 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36096 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |