HESTIKA, Yahya (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AKSARA LAMPUNG SISWA KELAS III DI SDN 1 PENANGGUNGAN KECAMATAN KOTAAGUNG KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi dengan identifikasi masalah yaitu Hasil belajar peserta didik kelas III di SD Negeri I Penanggungan kecamatan Kotaagung , kabupaten tanggamus masih mendapatkan nilai dibawah KKM atau belum tuntas. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Make A Match di Sd Negeri 1 Penanggungan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Lampung peserta didik kelas III. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri I Penanggungan kecamatan Kota agung Kabupaten tanggamus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan,observasi dan refleksi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, pedoman wawancara,tes dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri I Penanggungan tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca aksara lampung setelah diterapkannya model pembelajaran “Make A Match” peningkatan tersebut terlihat dari hasil tes, dimana rata-rata skor membaca aksara meningkat dari siklus pertama ke siklus kedua. Selain itu, partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran juga meningkat seiring dengan peningkatan kemampuan mereka dengan membuat pasangan antara aksara dengan gambar atau definisi yang sesuai. Temuan ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran “Make A Match” efektif dalam meningkatkan kemampuan aksara lampung pada siswa kelas III. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan kemampuan membaca aksara lampung pada siswa kelas III SD Negeri I Penanggungan tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci : Make A Match, Pembelajaran Bahasa, Membaca Aksara Lampung, Siswa Kelas III ,Penelitian Tindakan Kelas. iii ABSTRACT This research was motivated by the identification of a problem, namely the learning outcomes of class III students at SD Negeri I Penanggungan, Kota Agung sub-district, Tanggamus still scored below the KKM or were not yet complete. The aim of this research is to determine the application of the Make A Match learning model at SD Negeri 1 Penanggungan in improving the Lampung script reading ability of class III students. This research was conducted at SD Negeri I Penanggungan, Kota Agung sub-district, Tanggamus Regency. The method used in this research is classroom action (PTK) which consists of two cycles, through four stages, namely the planning, implementation, observation and reflection stages. The instruments used are student activity observation sheets, interview guides, tests and documentation. The subjects of this research were 28 students in class III of SD Negeri I Penanggungan for the 2024/2025 academic year, consisting of 19 male students and 9 female students. The data sources in this research consist of teachers and students. The research results showed that there was a significant increase in the ability to read Lampung script after implementing the "Make A Match" learning model. This increase was visible in the test results, where the average score for reading the script increased from the first cycle to the second cycle. In addition, students' active participation in learning activities also increases as their ability increases in making pairs between letters and corresponding images or definitions. These findings indicate that the "Make A Match" learning model is effective in improving Lampung literacy skills in class III students. The conclusion of this research is that the application of the make a match learning model can improve the ability to read Lampung script in class III students at SD Negeri I Penanggungan for the 2024/2025 academic year. Keywords: Make A Match, Language Learning, Reading Lampung Script, Class III Students, Classroom Action Research.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 03:10 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 03:10 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |