KHUSNUL, KHOTIMAH (2024) KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR GURU DALAM MEMOTIVASI PESERTA DIDIK KELAS V DI MI NURUL FALAH TELUK BETUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (1MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Guru memainkan peran penting dalam transformasi budaya melalui sistem pendidikan, khususnya untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Pembentukan berbagai komponen kemampuan profesionalisme keguruan merupakan hal yang sangat penting. Komponen kemampuan tersebut berupa pengetahuan, keterampilan, sikap serta nilai. Keterampilan dasar pembelajaran merupakan salah satu hal yang paling penting. Terdapat 8 indikator keterampilan mengajar guru. Penelitian ini berfokus hanya pada keterampilan mengadakan variasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Keterampilan Variasi Mengajar Guru terhadap motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi data sumber, triangulasi teknik dan waktu. Hasil analisis menunjukkan bahwa guru kelas V di MI Nurul Falah sudah melaksanakan indikator keterampilan mengadakan variasi. Pada variasi gaya mengajar meliputi variasi suara, pemusatan perhatian, kesenyapan, kontak pandang, gerak badan dan mimik, serta pergantian posisi guru sudah melaksanakan dengan baik sehingga siswa fokus mendengarkan ketika guru menjelaskan materi pelajaran. Pada variasi alat atau media pembelajaran guru hanya menggunakan media visual berupa gambar dan TTS hal ini dikarenakan kurangnya fasilitas yang disediakan oleh sekolah. Pada variasi pola interaksi guru hanya menggunakan variasi satu arah dan dua arah kepada siswa. Dengan semua variasi mengajar yang digunakan oleh guru hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar siswa kelas V di MI Nurul Falah tergolong baik, hal ini terlihat dari siswa aktif mendengarkan penjelasan guru, aktif bertanya dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Kata Kunci : Keterampilan Variasi Mengajar, Motivasi Belajar. ii ABSTRACT Teachers play an important role in cultural transformation through the education system, especially in organizing students' interactions with learning resources to achieve the desired goals. The formation of various components of teacher professionalism is very important. The components of these abilities are knowledge, skills, attitudes, and values. Basic learning skills are one of the most important things. There are eight indicators of teachers' teaching skills. This research focuses only on variational skills. The aim of this research is to analyze teachers' skills in varying student learning motivations. This type of research is qualitative, using descriptive analysis methods. The data collection techniques used in this research are source data triangulation techniques, technique triangulation, and time. The results of the analysis show that the fifthgrade teacher at MI Nurul Falah has implemented the skill indicators for variations. In the variation of teaching styles, including variations in voice, concentration of attention, silence, gaze contact, body movements, and expressions, as well as changes in position, the teacher has implemented it well so that students focus on listening when the teacher explains the lesson material. In the variety of learning tools or media, teachers only use visual media in the form of pictures and TTS. This is due to the lack of facilities provided by the school. In variations in interaction patterns, teachers only use one-way and two way variations with students. With all the teaching variations used by teachers, the research results show that the learning motivation of class V students at MI Nurul Falah is relatively good. This can be seen from the students actively listening to the teacher's explanations, actively asking questions, and carrying out assignments given by the teacher. Keywords : Variations Teaching Skill, Motivation.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 02:36 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 02:36 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36070 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |