PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 1 PESAWARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

RYANA, YUNINDA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MIN 1 PESAWARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I DAN II.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI RYANA YUNIDA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan untuk berpikir secara logis, reflektif, sistematis dan produktif yang diaplikasikan dalam membuat pertimbangan dan mengambil keputusan yang baik. Berdasarkan hasil pra penelitian terhadap siswa MIN 1 Pesawaran diperoleh rata rata hasil kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah hal itu disebabkan oleh kurangnya tepatnya suatu medel pembelajaran yang digunakan pendidik ketika proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh dari diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis, mengetahui apakah terdapat pengaruh gaya belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis, dan mengetahui apakah interaksi antara model dan gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasy Experimental. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V MIN 1 Pesawaran. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas V B sebagai kelas Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas V C sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensiaonal. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam peelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenita, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu dengan menggunakan Anova dua jalan (Two Way Anova) sel tak sama dengan taraf signifikansi 0,05 dan didapat bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis, (2) Tidak terdapat pengaruhanatar peserta didik dengan gaya belajar visual, audiotori, dan kinestetik terhadap kemampuan berpikir kritis, (3) Tidak terdapat interaksi anatara model pembelajaran Problem Based Learning dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis. Bedasarkan hasil penelitian diperoleh nilai pada model pembelajaran PBL = 0,000 kurang dari ). Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pada hipotesis kedua yaitu nilai ( pada gaya belajar = 0,371 lebih dari ( ). Kesimpulannya bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Selanjutnya hipotesis ketiga nilai ii pada gaya belajar dan model pembelajaran = 0,370 lebih dari ( ). Kesimpulannya bahwa tidak terdapat hubungan antara gaya belajar dan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran PBL, Berpikir Kritis, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 24 Oct 2024 02:58
Last Modified: 24 Oct 2024 02:58
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/36048

Actions (login required)

View Item View Item