PENGEMBANGAN MEDIA SENAM IRAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PJOK KELAS 4 SD KARTIKA II-6 BANDAR LAMPUNG

NENI, EFENDI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA SENAM IRAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PJOK KELAS 4 SD KARTIKA II-6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of skripsi neni efendi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan masalah yang ditemukan di kedua sekolah yaitu sd kartika II-6 Bandar lampung dan SDN1 Giriklopomulyo, karena belum ada nya pengembangan media pembelajaran senam irama dalam pembentukan karakter pesrta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu validitas produk vidio senam irama dalam membentuk karakter peserta didik, untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap produk yang dikembangkan dan untuk mengetahui hasil karakter yang terbentuk setelah mempelajari media pembelajaran senam irama dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Reseach and Development (R&D) adapun prosedur yang digunakan menggunakan model dari Robert Maribe Branch yang terdiri atas lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Instrumen pengumpulan data pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan angket yang diberikan kepada tiga ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bsenam dan juga diberikan kepada pendidik serta peserta didik dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan produk. Setelah produk diuji cobakan dan dinyatakan layak selanjutnya produk dilakukan pengukuran pada aktivitas produk dalam membentuk karakter cinta tanah air dengan menggunakan angket observasipeserta didik. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa nilai kelayakan produk oleh ahli media sebesar 96,3% dengan kategori ―sangat layak‖, penilaian dari ahli materi 97,6% dengan kategori ―sangat layak‖ dan penilaian ahli senam 98,3% dengan kategori ―sangat layak‖. Angket respon kedua pendidik memporoleh nilai rata�rata 96 % dengan kategori ―sangat layak‖. Angket respon peserta didik skala kecil memporoleh nilai rata-rata 91% dan angket respon skala besar 91,5%. Hasil observasi peserta didik skala kecil 87,06% dan observasi peserta didik skala besar memporoleh nilai 94,32%. Dengan demikian produk yang dikembangkan oleh peneliti dapat digunakan dan menunjang proses pembelajaran. Kata kunci : Media pembelajaran, senam irama, karakter iv ABSTRACT This development research was conducted based on the problems found in both schools, namely SD Kartika II-6 Bandar Lampung and SDN 1 Giriklopomulyo, because there has been no development of rhythmic gymnastics learning media in forming the character of students. This study aims to determine the validity of rhythmic gymnastics video products in forming the character of students, to determine the response of educators and students to the products developed and to determine the results of the characters formed after studying rhythmic gymnastics learning media in forming the character of students. This study uses the research and development method or Research and Development (R&D) the procedure used is the Robert Maribe Branch model which consists of five stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The data collection instrument in this research and development uses a questionnaire given to three experts, namely media experts, material experts and gymnastics experts and also given to educators and students with the aim of determining the level of product feasibility. After the product has been tested and declared feasible, the product is then measured on the product's activity in forming the character of love for the country using a student observation questionnaire. The results of the research and development showed that the value of the product's feasibility by media experts was 96.3% with the category "very feasible", the assessment from material experts was 97.6% with the category "very feasible" and the assessment of gymnastics experts was 98.3% with the category "very feasible". The second educator response questionnaire obtained an average value of 96% with the category "very feasible". The small-scale student response questionnaire obtained an average value of 91% and the large-scale response questionnaire 91.5%. The results of small-scale student observations were 87.06% and large-scale student observations obtained a value of 94.32%. Thus, the product developed by the researcher can be used and supports the learning process. Keywords: Learning media, rhythmic gymnastics, character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:46
Last Modified: 21 Oct 2024 04:46
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35965

Actions (login required)

View Item View Item