MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMA IT PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG

ADELIA, SYAFA SALSABILA (2024) MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SMA IT PERMATA BUNDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 ADELIA.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI ADELIA SYAFA SALSABILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi dari pengaruh pendidikan terhadap kehidupan anak bangsa, dari sudut pandang manusia saja seseorang yang berpendidikan memperoleh derajat yang lebih tinggi dibandingkan yang tidak berpendidikan. Salah satu lembaga Pendidikan yang menjadi sarana meningkatkan kualitas hidup anak bangsa adalah SMA IT Permata Bunda Bandar Lampung melalui manajemen penerimaan peserta didik. Fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasiaan, pelaksanaan dan pengawasan menjadi bagian dalam penerimaan peserta didik baru. Terdapat fakta permasalahah bahwa di sekolah ini ada beberapa staf yang merangkap menjadi dua bagian panitia sekaligus, karena kurangnya jumlah staf ataupun guru. Karena sekolah ini masih terbilang baru membuat sulit untuk memenuhi jumlah siswa yang diharapkan, hingga harus membuka gelombang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berkali�kali. Maka dari itu penelitian ini didasarkan pada permasalahan�permasalahan yang ada, dan bertujuan untuk mengetahui, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA IT Permata Bunda Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah Wakil Kepala Sekolah, Sekretaris PPDB dan panitia teknis PPDB, sedangkan yang menjadi objek penelitian ialah kegiatan manajemen penerimaan peserta didik baru di SMA IT Permata Bunda Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan data penelitian yang dilakukan diperoleh hasil, perencanaan Penerimaan Peserta Didik telah berjalan sebagaimana mestinya terlihat dari peningkatan jumlah siswa dari tahun ketahu, walaupun belum pernah mencapai target 4 kelas dengan 120 siswa, setidaknya tidak turun dari tahun sebelumnya. Lalu untuk progja PPDB sekolah telah berupaya menjalin Kerjasama dengan sekolah lain, dan melaksanakan MPLS di sekolah sebagaimana sekolah lainnya. Pengorganisasian penerimaan peserta didik baru, banyak panitia yang merangkap menjadi penanggungjawab panitia lain, jadi iii strukturnya tidak begitu jelas, tapi mereka berupaya untuk saling mengkondisikan. Untuk jalur kordinasi karena jumlah panitia yang sedikit maka tidak menyulitkan untuk berkomunikasi, lebih mudah juga dengan penggunaan grub whatsapp, seluruh panitia saling sharing saat bertemu secara langsung. Pelaksanaan penerimaan peserta didik baru, untuk staffing bagian tugasnya ketika pelaksanaan tes itu akan ada panitia wawancara, panitia observasi siswa, panitia registrasi, panitia tes tahsin, panitia keamanan, panitia ukur seragam, dan panitia perlengkapan, untuk realisasinya di lapangan panitia menjunjung loyalitas. Kemudian untuk motivating siswa dilakukan dalam program sosialisasi dan matrikulasi. Pengawasan penerimaan peserta didik baru Secara keseluruhan untuk pengawasan sekolah masih terpusat dengan Yayasan, jadi seluruh proses PPDB diawasi oleh tim Yayasan, dengan tetap membutuhkan tim dari sekolah itu sendiri juga. Kata Kunci : Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru iv ABSTRACT This research is motivated by the influence of education on the lives of the nation's children, from a human perspective, someone who is educated obtains a higher degree than someone who is not educated. One of the educational institutions that is a means of improving the quality of life of the nation's children is SMA IT Permata Bunda Bandar Lampung through student admissions management. Management functions such as planning, organizing, implementing and supervising are part of accepting new students. There is a problematic fact that at this school there are several staff who double as two members of the committee at once, due to a lack of staff or teachers. Because this school is still relatively new, it makes it difficult to meet the expected number of students, so it has to open waves of New Student Admissions (PPDB) many times. Therefore, this research is based on existing problems, and aims to determine, plan, organize, implement and supervise New Student Admissions (PPDB) at SMA IT Permata Bunda Bandar Lampung. This type of research uses a descriptive qualitative approach. The research subjects were the Deputy Principal, PPDB Secretary and the PPDB technical committee, while the research object was the management activities for admitting new students at SMA IT Permata Bunda Bandar Lampung. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The data analysis techniques are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The data analysis techniques are data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The validity test used is triangulation of sources and techniques. Based on the research data carried out, the results show that planning for Student Admissions has been running as it should, as seen from the increase in the number of students over the previous year, although it has never reached the target of 4 classes with 120 students, at least it has not decreased from the previous year. Then, for the PPDB program, the school has tried to collaborate with other schools, and implement MPLS in schools like other schools. In organizing the admission of new students, many committees are also responsible for other committees, so the structure is not very clear, but they try to condition each other. For coordination channels, because the number of committee members is small, it is not difficult v to communicate, it is also easier by using the WhatsApp group, the entire committee shares with each other when they meet in person. Implementation of the admission of new students, for staffing part of the task when carrying out the test there will be an interview committee, student observation committee, registration committee, tahsin test committee, security committee, uniform measuring committee, and equipment committee, for its realization in the field the committee upholds loyalty. Then motivating students is carried out in the socialization and matriculation programs. Supervision of new student admissions. Overall, school supervision is still centralized with the Foundation, so the entire PPDB process is supervised by the Foundation team, while still requiring a team from the school itself as well. Keywords: Management of New Student Admissions

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Oct 2024 04:01
Last Modified: 21 Oct 2024 04:01
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35948

Actions (login required)

View Item View Item