APRILIA, SUHARTINI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V MIN 3 PRINGSEWU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran yang baik tidak lagi berpusat kepada pendidik melainkan kepada peserta didik sesuai dengan kurikulum 2013 dimana peserta didik dituntut agar lebih aktif pada saat proses pembelajaran, pendidik memberikan fasilitas untuk belajar sehingga peserta didik lebih bebas dalam mengutarakan pendapatnya dalam pembelajaran, model pembelajaran bukan lagi yang bersifat monoton atau konvesional melainkan harus bersifat fleksibel dan dinamis sehinga mampu memenuhi kebutuhan peserta didik secara menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment. Desain penelitian yang digunakan pada quasi experiment adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di MIN 3 Pringsewu dengan Teknik pengambilan samoel non probability sampling (sampel tanpa acak). Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu VA dengan jumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan VB dengan jumlah 31 peserta didik sebagai kelas kontrol. Hasil perhitungan dalam penelitian menggunakan uji-T melalui aplikasi SPSS Statistic V 20 for Windows diperoleh nilai sig < 0,05 (5%), pada sig (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan model discovery learning terhadap hasil belajar peserta didik. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada model discovery learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V MIN 3 Pringsewu. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar, IPA iii ABSTRACT Good learning is no longer centered on educators but on students according to the 2013 curriculum where students are required to be more active during the learning process, educators provide facilities for learning so that students are freer to express their opinions in learning, learning models are no longer monotonous or conventional but must be flexible and dynamic so that they can meet the needs of students as a whole. This study aims to determine the effect of the discovery learning model on student learning outcomes. This study is a Quasi Experiment study. The research design used in the quasi experiment is Nonequivalent Control Group Design. The study was conducted at MIN 3 Pringsewu with a non-probability sampling technique (non-random samples). This study used two classes, namely VA with 30 students as the experimental class and VB with 31 students as the control class. The calculation results in the study using the T-test through the SPSS Statistic V 20 for Windows application obtained a sig value <0.05 (5%), in sig (2-tailed) obtained 0.000 <0.05 then there is a significant influence of the discovery learning model on student learning outcomes. So the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted. So it can be concluded that there is an influence on the discovery learning model assisted by audio-visual media on the science learning outcomes of class V students at MIN 3 Pringsewu. Keywords: Discovery Learning Model, Learning Outcomes, Science
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 16 Oct 2024 06:00 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 06:00 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35892 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |