PENERAPAN METODE DRILL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA LAMPUNG KELAS IV SDN1 SUKAMULYA SUKAU LAMPUNG BARAT

Fikri, Haikal (2024) PENERAPAN METODE DRILL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA LAMPUNG KELAS IV SDN1 SUKAMULYA SUKAU LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi fikri haikal.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yakni hasil belajar peserta didik yang masih rendah dan belum mencapai KKM pada mata pelajaran Bahasa Lampung, selain itu kurang efektifnya pendidik dalam menerapkan proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti menerapkan metode pembelajaran Drill. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti ingin mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar Bahasa Lampung menggunakan metode pembelajaran Dril berbantuan media gambar? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Lampung pada peserta didik kelas IV SDN 1 Sukamulya Sukau Lampung Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 1 Sukamulya. Metode ini dilakukan dalam empat tahap yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut merupakan siklus yang berlangsung secara berulang dan dilakukan dengan langkah-langkah yang sama dan alat pengumpulan data ini menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan pembelajaran menggunakan metode drill dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Lampung Peserta didik kelas IV SDN 1 Sukamulya pada materi membaca dan menulis aksara Lampung. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan mengalami peningkatan dari siklus I,II sampai siklus III yaitu dari hasil belajar berupa. Hasil belajar pada siklus I memperoleh rata-rata 63,2 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40%. Pada siklus II meningkat dengan memperoleh rata-rata 71,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 70%. Dan pada siklus III juga mengalami peningkatan yaitu rata-rata nilai 77,9, dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86,6%. Sehingga dapat disimpukan dari penelitian yang dilakukan bahwa penerapan metode pembelajaran Dill sangat layak untuk digunakan untuk mencapai ketuntasan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Lampung, Metode Pembelajaran Drill iv ABSTRACT This research is motivated by several things, namely the learning outcomes of students who are still low and have not yet reached the KKM in Lampung language subjects, in addition to the lack of effectiveness of educators in implementing the learning process and learning outcomes which are still low. Based on these problems, researchers applied the Drill learning method. Based on these problems, researchers want to know whether there is an increase in Lampung language learning outcomes using the Dril learning method assisted by image media? This research aims to improve Lampung language learning outcomes for class IV students at SDN 1 Sukamulya Sukau West Lampung. The method used in this research is Classroom Action Research. The target of this research is class IV students at SDN 1 Sukamulya. This method is carried out in four stages which include planning, implementation, observation and reflection. These four stages are cycles that occur repeatedly and are carried out with the same steps and data collection tools use observation, documentation and tests. Based on the research results, it shows that the application of learning using the drill method can improve the Lampung language learning outcomes of class IV students at SDN 1 Sukamulya on reading and writing Lampung script material. This can be seen from the results of observations that have increased from cycles I, II to cycle III, namely from learning outcomes in the form of. Learning outcomes in cycle I obtained an average of 63.2 with classical completeness of 40%. In cycle II it improved by getting an average of 71.1 with classical completeness of 70%. And in cycle III there was also an increase, namely an average score of 77.9, with classical learning completeness of 86.6%. So it can be concluded from the research conducted that the application of the Dill learning method is very suitable to be used to achieve complete student learning outcomes. Keywords: Learning Outcomes, Lampung Language, Drill Learning Method

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2024 05:56
Last Modified: 16 Oct 2024 05:56
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35891

Actions (login required)

View Item View Item