PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 MARGADADI KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Bagus, Pandu Wicaksono (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2 MARGADADI KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi bagus.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik materi keberagaman suku bangsa di kelas V pada pelajaran IPS di SD Negeri 2 Margadadi Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran two stay two stray pada materi keberagaman suku bangsa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research) yang dirancang dalam dua siklus dimana dalam setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek pada penelitian ini 22 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif kuantitatif. Data dianalisis secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Presentase ketuntasan juga meningkat. Pada pra penelitian 36%, siklus I 77%, dan siklus II sebesar 100%. Demikian penerapan model pembelajaran two stay two stray untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 2 Margadadi Kecamatan Jati Agung Lampung Selatan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Hasil Belajar Peserta Didik, IPS . iv ABSTRACT This study aims to improve student learning outcomes on ethnic diversity material in grade V in social studies at SD Negeri 2 Margadadi, Jati Agung District, South Lampung. This study uses the two stay two stray learning model on ethnic diversity material. This study is a classroom action research (CAR) designed in two cycles where each cycle consists of 2 meetings. The design used in this study uses the Kemmis and Mc. Taggart model. The subjects in this study were 22 students. The data collection techniques used were observation, testing, and documentation. The data analysis technique used was qualitative quantitative analysis. The data were analyzed descriptively and presented in the form of tables and graphs. The results of this study showed an increase in student learning outcomes in classroom learning. The percentage of completion also increased. In the pre-study 36%, cycle I 77%, and cycle II 100%. Thus, the application of the two stay two stray learning model to improve student learning outcomes in social studies in class V of SD Negeri 2 Margadadi, Jati Agung District, South Lampung. Keywords: Two Stay Two Stray Learning Model, Student Learning Outcomes, Social Studies

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 16 Oct 2024 05:48
Last Modified: 16 Oct 2024 05:48
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35889

Actions (login required)

View Item View Item