PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN 3 SUKARAJA TANGGAMUS, LAMPUNG

FITRI, GUSTI FRANIKA (2024) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III DI SDN 3 SUKARAJA TANGGAMUS, LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 FITRI.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FITRI GUSTI FRANIKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh metode problem solving terhadap kemandirian belajar peserta didik. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah bagaimana pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap kemandirian belajar kelas III di SDN 3 Sukaraja Tanggamus, Lampung. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh metode problem solving terhadap kemandirian belajar peserta didik di SDN 3 Sukaraja Tanggamus, Lampung. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, angket dan dokumentasi. Populasi yang digunakan dalam penelitian in ialah kelas 3 di SDN 3 Sukaraja Tanggamus yang berjumlah 50 peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas III, sebagai kelas penelitian kelas III A dan B sebagai kelas uji coba instrumen penelitian angket. Pada penelitian ini instrument yang digunakan angket, dalam uji coba angket yang digunakan sebanyak masing-masing 20 butir angket kemandirian belajar kepada 25 peserta didik kelas III A dan 25 peserta didik kelas III B di SDN 3 Sukaraja Tanggamus yang merupakan sampel dalam penelitian. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil uji prasyarat analisis, yang dilakukan oleh peneliti peneliti penggunakan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas dengan uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-T, dari hasil uji hipotesis yang dilakukan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara metode problem solving hingga 62,56% terhadap kemandirian belajar yang dilakukan oleh penulis di SDN 3 Sukaraja Tanggamus. Kata Kunci: Metode, Problem Solving iii ABSTRACK This research aims to describe the influence of problem solving methods on students' learning independence. The formulation of the problem in this research is how the problem solving learning method influences the learning independence of class III at SDN 3 Sukaraja Tanggamus, Lampung. The aim of this research is to determine the effect of problem solving methods on students' learning independence at SDN 3 Sukaraja Tanggamus, Lampung.. This research uses observation, questionnaire and documentation data collection techniques. The population used in this research was class 3 at SDN 3 Sukaraja Tanggamus, totaling 50 students. This research was conducted on class III students, as a research class for class III A and B as a questionnaire research instrument trial class. In this research, the instrument used was a questionnaire. In the questionnaire trial, 20 learning independence questionnaire items were used each for 25 class III A students and 25 class III B students at SDN 3 Sukaraja Tanggamus, who were the samples in the research. The results of this research are based on the results of the analysis prerequisite tests, which were carried out by researchers using analysis prerequisite tests using the normality test and homogeneity test with the hypothesis test used, namely the T-test. From the results of the hypothesis test carried out, it can be concluded that there is an influence between the methods problem solving up to 62.56% of independent learning carried out by the author at SDN 3 Sukaraja Tanggamus. Key Words: Method, Problem Solving

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Oct 2024 05:30
Last Modified: 15 Oct 2024 05:30
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35868

Actions (login required)

View Item View Item