Repita, Sari (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUDIDAYA PEPAYA DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN PETANI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Petani Pepaya di Pekon Pagar Bukit Induk Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat dominan dalam pendapatan masyarakat di Indonesia karena mayoritas penduduk Indonesia bekerja sebagai petani. Jenis pertanian yang diminati oleh petani di Indonesia adalah berkebun. Terutama pada dataran rendah para petani mengolah kebun dengan menanam buah buahan, salah satunya adalah budidaya papaya. Masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana Analisis dan Implementasi Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Pepaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Petani di Pekon Pagar Bukit Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat. Jenis penelitian ini lapangan (field research) bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Setelah semua data terkumpul, maka data tersebut diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran yang diterapkan oleh para petani budidaya pepaya Pekon Pagar Bukit Induk Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat adalah dengan menerapkan marketing mix yaitu seperti produck, price, place, dan promotion strategi distribusi atau tempatnya memiliki dua strategi distribusi yaitu melalui agen dan strategi secara langsung atau promosi langsung (Personal Selling). Serta, dalam Perspektif Ekonomi Islam sepenuhnya belum mengimplementasikan konsep pemasaran secara islam, karena ada beberapa petani yang masih melakukan tindakan mencampur produk barang yang berkualitas baik dengan produk barang yang biasa Tanpa ada kejujuran didalamnya dan para petani masih kurang dalam memperhatikan penerapan dari penentuan zakat yang benar. Tetapi, sebagaian besar dalam konsep pemasaran Islamnya petani budidaya pepaya Pekon Pagar Bukit Induk Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat telah sesuai dengan syariat Islam. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Budidaya Pepaya, Ekonomi Islam. iii ABSTRACT Agriculture is one of the sectors that is very dominant in people's income in Indonesia because the majority of the Indonesian population works as farmers. The type of agriculture that farmers in Indonesia are interested in is gardening. Especially in the lowlands, farmers cultivate gardens by planting fruit, one of which is cultivating papaya. The problem in this research is how to analyze and implement marketing strategies for papaya cultivation businesses in increasing farmers' income in Pekon Pagar Bukit, Bangkunat District, Pesisir Barat Regency. This type of field research is descriptive. The data sources used are primary data sources and secondary data sources. Data collection was carried out by observation, documentation and interviews. After all the data is collected, the data is processed and analyzed descriptively qualitatively. The results of the research show that the marketing strategy implemented by farmers cultivating Pekon Pagar Bukit Induk papaya, Bangkunat District, Pesisir Barat Regency, is to implement a marketing mix, namely product, price, place, and promotion distribution strategy or the place has two distribution strategies, namely through agents and strategy. directly or direct promotion (Personal Selling). Also, in the Islamic Economics Perspective, the concept of Islamic marketing has not been fully implemented, because there are some farmers who still carry out the act of mixing good quality goods with ordinary goods without any honesty in it and the farmers still do not pay attention to the implementation of the correct zakat determination. . However, for the most part, in the Islamic marketing concept, farmers cultivating Pekon Pagar Bukit Induk papaya, Bangkunat District, Pesisir Barat Regency, are in accordance with Islamic law. Keywords: Marketing Strategy, Farmers, Islamic Economy
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 15 Oct 2024 04:03 |
Last Modified: | 15 Oct 2024 04:03 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |