Yunda, Rizki Dewi Aprilia (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DRILL BERBANTUAN MEDIA AUDIO TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP SISWA KELAS V SDN 2 SUKARAME. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Pendidikan seni budaya dan ketrampilan yang diberikan pada sekolah karena memiliki peranan yang sangat penting dalam kebutuhan perkembangan anak dalam mencapai tingkat kecerdasan yang optimal. Kecerdasan anak tidak hanya dapat dilihat dari seberapa banyak pengetahuan yang dimiliki namun juga bagaimana siswa mampu mengekspresikan melalui seni dan ketrampilan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Drill berbantuan Media Audio terhadap Hasil Belajar SBDP siswa Kelas V SDN Sukarame.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy eksperiment dengan pendekatan kuantitatif, yang mana dalam pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, analisa uji yang digunakan adalah uji parsial (t) untuk mengetahui hipotesis yang telah diajukan Berdasarkan hasil analisa yang telah dilakukan dengan ini peneliti menymipulkan bahwa hasil nilai Sig 2 Tailed sebesar 0,001 yang mana berada di bawah 0,05. Maka bisa ditarik kesimpulan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima atau Terdapat pengaruh pengaruh penggunaan pembelajaran Drill berbantuan Media Audio terhadap Hasil Belajar SBDP siswa Kelas V SDN Sukarame. Hal ini di dukung dengan perbedaan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen berada dikategori tinggi, sedangkan kategori hasil belajar kelas konrtol hanya berada di kategori rendah. KATA KUNCI : Audio Visual, Metode Drill, Quasy Eksperimen iv ABSTRACT Arts and culture education and skills are provided at schools because they have a very important role in children's developmental needs in achieving an optimal level of intelligence. Children's intelligence can not only be seen from how much knowledge they have but also how students are able to express themselves through art and skills. This research aims to determine the effect of using the Drill learning method assisted by Audio Media on SBDP Learning Outcomes for Class V students at SDN Sukarame. This research uses this type of learning. Quasy experimental research with a quantitative approach, in which data collection uses observation, tests and documentation, the test analysis used is the partial test (t) to determine the hypothesis that has been proposed. Based on the results of the analysis that has been carried out, the researcher concludes that the result is Sig 2. Tailed is 0.001 which is below 0.05. So it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted or there is an influence of the use of Drill learning assisted by Audio Media on the SBDP Learning Outcomes of Class V students at SDN Sukarame. This is supported by the difference in learning outcomes of students in the experimental class which is in the high category, while the learning outcomes category in the control class is only in the low category. KEYWORDS: Audio Visual, Drill Method, Quasy Experiment
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 08:17 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 08:17 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35853 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |