Elen, Rahmawati (2024) ANALISIS GURU PENGGERAK DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 29 TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan guru penggerak dalam proses pembelajaran di SDN 29 Tulang Bawang Tengah. Penelitian ini dilakukan di SDN 29 Tulang Bawang Tengah pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Data penelitian diperoleh dengan cara observasi langsung ke lapangan dan wawancara dengan guru penggerak. Setelah melakukan observasi dan wawancara dengan empat guru penggerak (sebagai data utama) serta dokumentasi proses pembelajaran (sebagai data penunjang), data dianalisis dan dideskripsikan secara kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman yaitu data reduction, data display, dan conclution drawing/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru penggerak berjalan dengan baik, pada tahap perencanaan pembelajaran guru penggerak melakukan asesmen diagnostik nonkognitif untuk memetakan bakat, minat, gaya belajar, dan kesiapan belajar dari peserta didik. Kemudian guru penggerak menyiapkan RPP dan modul ajar, yang membedakan RPP guru penggerak yaitu adanya perencanaan untuk pembelajaran diferensiasi. Pada pelaksanaan pembelajaran guru penggerak menggunakan pembelajaran diferensiasi, pembelajaran sosial emosional, penerapan budaya positif, dan aktif menggunakan teknologi untuk menunjang efektivitas pembelajaran di kelas. Pada kurikulum paradigma baru ini guru diberikan keleluasaan dalam mengidentifikasi ketercapaian tujuan pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini yaitu proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru penggerak berjalan dengan baik, terdapat berbagai macam pembelajaran yang dilakukan guru penggerak kepada peserta didik dalam proses pembelajaran agar terwujudnya pembelajaran yang berpusat pada peserta didik. Dari hasil penelitian ini, maka disarankan bagi sekolah hendaknya memberikan sosialisasi dan motivasi agar kedepannya lebih banyak guru yang mengikuti program guru penggerak dari Kemendikbud dan banyak guru-guru yang nantinya bisa menjadi guru penggerak sehingga kualitas pembelajaran dapat semakin meningkat. Kata kunci: Guru penggerak, proses pembelajaran, belajar dan pembelajaran iv ABSTRAK This research aims to describe the driving teachers in the learning process at SDN 29 Tulang Bawang Tengah. This research was conducted at SDN 29 Tulang Bawang Tengah in the odd semester of the 2023/2024 academic year. Research data was obtained by direct observation in the field and interviews with driving teachers. After conducting observations and interviews with four driving teachers (as main data) as well as documentation of the learning process (as supporting data), the data was analyzed and described qualitatively using the Miles and Huberman model, namely data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. The results of this research show that the learning process carried out by the driving teacher went well, at the learning planning stage the driving teacher carried out a non-cognitive diagnostic assessment to map the students' talents, interests, learning styles and learning readiness. Then the driving teacher prepares the RPP and teaching modules. What differentiates the driving teacher's RPP is that there is a plan for differentiated learning. In implementing learning, the driving teacher uses differentiation learning, social emotional learning, implementing positive culture, and actively using technology to support the effectiveness of learning in the classroom. In this new paradigm curriculum, teachers are given freedom in identifying the achievement of learning objectives. The conclusion of this research is that the learning process carried out by the driving teacher is going well, there are various kinds of learning carried out by the driving teacher to students in the learning process so that student-centered learning can be realized. From the results of this research, it is recommended that schools should provide outreach and motivation so that in the future more teachers will take part in the teacher mobilization program from the Ministry of Education and Culture and many teachers can later become mobilizing teachers so that the quality of learning can increase. Keywords: Driving teacher, learning process, learning and learning
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 07:44 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 07:44 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35851 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |