GINANJAR, RAHMAD SURYADI (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI PELITA SUMBERJAYA LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (7MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di MI PELITA Sumberjaya. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya kurangnya minat belajar yang dimiliki peserta didik dan tidak konsentrasi dan fokus saat pembelajaran berlangsung hal ini disebabkan stategi pembelajaran yang kurang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle terhadap hasil belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran Tematik. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di MI PELITA Sumberjaya dengan subjek penelitian peserta didik kelas V sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 7 siswa perempuan dan 13 siswa laki laki. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus dengan 2 kali pertemuan dalam 1 siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan strategi pembelajaran crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran Tematik di MI PELITA Sumberjaya Lampung Selatan. Hal ini dibuktikan pada hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui pembelajaran dengan model pembelajaran crossword puzzle, pada siklus I ada 6 siswa yang tuntas dan 14 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata rata 70 dengan presentase sebesar 30%, pada siklus II hanya 4 siswa yang belum tuntas dan 16 siswa yang mendapatkan nilai tuntas dengan nilai rata rata 81 dan presentase sebesar 80%. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran crossword puzzle ini sangat efektif digunakan dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik. Kata Kunci : Penerapan Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. iii ABSTRACT This research was motivated by the low learning outcomes of students in learning Indonesian at MI PELITA Sumberjaya. This is due to several factors, including students' lack of interest in learning and lack of concentration and focus when learning takes place, this is due to less interesting learning strategies. This research aims to determine the significant influence of the application of the crossword puzzle learning strategy on the learning outcomes of class V students in thematic. The type of research used is Classroom Action Research. This research was carried out at MI PELITA Sumberjaya with the research subjects being 20 class V students consisting of 7 female students and 13 male students. Implementation of this classroom action research starts from planning, implementation, observation and reflection. The data collection techniques used are observation, documentation and tests. This research was carried out using 2 cycles with 2 meetings in 1 cycle. Based on the research results, it shows that the application of the crossword puzzle learning strategy to improve the learning outcomes of class V students in thematic at MI PELITA Sumberjaya South Lampung. This is proven by the fact that student learning outcomes can be improved through learning with the crossword puzzle learning model, in cycle I there were 6 students who had completed it and 14 students who had not completed it with an average score of 70 with a percentage of 30%, in cycle II only 4 students had not completed it. completed and 16 students got a complete score with an average score of 81 and a percentage of 80%. This proves that crossword puzzle learning is very effective in learning to improve student learning outcomes in thematic. Keywords: Application of the Crossword Puzzle Learning Strategy to Improve Student Learning Outcomes.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 07:14 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 07:14 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |