Ahmad, Nur Yasin (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi adanya faktor rendahnya kemampuan pemahaman konsep fisika. Masalah yang akan diteliti yaitu mengenai pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep fisika. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Control Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 72 peserta didik kelas XI SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling dengan sampel kelas XI minat 2 sebagai Kelas eksperimen dan Kelas XI minat 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan penelitian ini yaitu soal pilihan ganda beralasan berjumlah 20 butir soal untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji independent sampel t-test. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data yang menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap pemahaman konsep. Hal ini ditunjukan dengan hasil signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 yang berarti sig. < 0,05 sehingga ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap pemahaman konsep fisika. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Pemahaman Konsep, Fisika iv ABSTRACT This research was motivated by the low ability to understand physics concepts. The problem that will be studied is the influence of the Discovery Learning learning model on understanding physics concepts. The research method used is Quasi Experiment with a Control Group Pretest-Posttest Design research design. The population in this study was 72 class XI students at SMA Negeri 10 Bandar Lampung. The sampling technique used was the Cluster Random Sampling technique with class XI interest 2 samples as the experimental class and Class XI interest 3 as the control class. The instrument used in this research is 20 reasoned multiple choice questions to determine students' conceptual understanding. Test the research hypothesis using the independent sample t-test. Based on the research that has been carried out, data has been obtained showing that there is an influence of the discovery learning model on understanding concepts. This is shown by the significance results obtained at 0.001, which means sig. < 0.05 so H_0 is rejected. Thus, it can be concluded that the discovery learning model influences the understanding of physics concepts. Keywords: Discovery Learning Learning Model, Concept Understanding Physics
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Fisika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 Oct 2024 03:23 |
Last Modified: | 14 Oct 2024 03:23 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35834 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |