IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DI MA GUPPI BANJIT KABUPATEN WAY KANAN

Arsilawati, A (2018) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DI MA GUPPI BANJIT KABUPATEN WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi Full 4.pdf]
Preview
PDF
Download (41MB) | Preview

Abstract

Peran kepala madrasah sebagai supervisor yaitu diantaranya dengan membantu guru merencanakan program supervisi akademik, melaksanakan supervisi akademik serta menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru. Prinsip untuk menilai efektivitas atau standarisasi efektivitas pelaksanaan supervisi yang dilaksanakan oleh kepala madrasah dapat dilihat dari terlaksananya semua tugas pokok, tercapainya tujuan, ketepatan waktu dan adanya partisipasi aktiv dari anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi akademik, jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau penelitian lapangan yang bertujuan untuk mengetahui gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yaitu interview, observasi dan dokumentasi. Dengan subjeknya yaitu diantaranya kepala madrasah dan guru PAI. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penulis dapat mengambil kesimpulan dari penelitian yang sudah dilakukan yaitu kepala madrasah sudah melaksanakan supervisi akademik, namun belum sepenuhnya memenuhi prinsip efektivitas seperti apa yang diharapkan dikarenakan masih kurangnya partisipasi aktiv dari anggota. Ada beberapa dewan guru senior tidak sepenuhnya memahami pembinaan, arahan dan saran yang disampaikan kepala madrasah sebagai supervisor terlebih lagi untuk melaksanakannya, sehingga berdampak pada tercapainya tujuan untuk situasi pengajaran yang lebih baik, dan kepala madrasah tidak secara langsung membuat rencana aksi pelaksanaan supervisi untuk selanjutnya. Sedangkan yang menjadi faktor pendorong dan faktor penghambat dalam pelaksanaan supervisi akademik adalah: Faktor pendukung: adanya sistem kebijakan yang telah dibuat oleh kepala madrasah dan sudah disepakati oleh anggota madrasah, adanya komitmen yang kuat dari kepala madrasah untuk memajukan madrasah. Faktor penghambat: kurangnya partisipasi dari guru dalam pelaksanaan supevisi, kurangnya dukungan dana yang memadai khususnya yang berkenaan dengan pelaksanaan supervisi akademik. Kata kunci: Supervisi Akademik, keberhasilan pelaksanaan supervisi akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2018 02:47
Last Modified: 14 May 2018 02:47
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3582

Actions (login required)

View Item View Item