Santika, Iis (2018) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM PENGELOLAAN PROFESIONALISME GURU DI MA GUPPI BANJIT KABUPATEN WAY KANAN. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Preview |
PDF
Download (41MB) | Preview |
Abstract
Keberhasilan kepala madrasah dalam rangka pengelolaan profesionalisme guru agar dapat melaksanakan tugasnya sebagaimana yang diharapkan, yang paling utama adalah bagaimana memberikan bimbingan dan contoh kepada setiap pegawai yang bekerja sehingga mereka dapat bertindak, berprilaku seperti yang diinginkan dan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Guru memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam membangkitkan niat belajar siswa dan Kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kualitas professional guru, oleh karena itu usaha yang dilakukan dalam pengelolaan professional guru dalam melaksanakan tugasnya dalam proses belajar dan mengajar dapat melalui bantuan supervisi. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah ”Bagaimana Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam pengelolaan profesionalisme guru di MA GUPPI Banjit kabupaten Way kanan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan kepala madrasah sebagai supervisor dalam pengelolaan profesionalisme guru di MA GUPPI Banjit kabupaten Way kanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif diskriptif yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenaik faktafakta, sifat-sifat serta hubungan antara penomena yang diselidiki. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Semua data terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan data reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. lapangan, Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam pengelolaan profesionalisme guru di MA GUPPI Banjit kabupaten Way kanan telah dilaksanakan dengan baik yaitu membantu guru dalam menyusun persiapan mengajar,menggunakan sumber dan media belajar mengajar, menganalisis kesulitan belajar siswa, memberikan bimbingan, motivasi dan bantuan teknis kepada guru yang mengalami kesulitan dalam kegiatan pembelajaran. Peran kepala madrasah sebagai supervisor sudah baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan, namun demikian profesionalisme guru belum optimal dikarnakan masih kurangnya respon yang didapat dari dewan guru. Kata Kunci : Supervisi Pendidikan, Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 14 May 2018 02:43 |
Last Modified: | 14 May 2018 02:43 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3581 |
Actions (login required)
View Item |