IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MIN 3 BANDAR LAMPUNG

DWI, AZIZAH (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM MEMBENTUK NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK DI MIN 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of skripsi full dwi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pendidikan di Indonesia menghadapi perubahan dengan menetapkan kurikulum merdeka oleh Kemendikbud. Kebijakan ini adalah kebijakan yang strategis karena kurikulum merdeka bukan hanya fokus pada pengembangan kecerdasan peserta didik, tetapi juga pada pembentukan karakter sesuai dengan nilai-nilai Pancasila yang diwujudkan dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk nilai karakter pada peserta didik dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat kurikulum merdeka dalam membentuk nilai karakter pada peserta didik di MIN 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer langsung dari responden mengenai implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk nilai karakter pada peserta didik di MIN 3 Bandar Lampung, sedangkan data sekunder diperoleh dari teori-teori, buku penelitian yang relevan, jurnal dan data dokumentasi sekolah yang berhubungan dengan masalah yang akan diteliti. Semua data-data tersebut merupakan bahan-bahan dalam mendeskripsikan dan menggambarkan implementasi kurikulum merdeka dalam membentuk nilai karakter pada peserta didik di MIN 3 Bandar Lampung, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pada tahap evaluasi. Hasil penelitian ini adalah pada tahap perencanaan pendidik sudah mengikuti pelatihan, pendidik merancang Alur Tujuan Pembelajaran dan modul pembelajaran dengan mencamtumkan nilai�nilai Pancasila dan pendidik mensosialisasikan kurikulum merdeka kepada peserta didik. Pada tahap pelaksanaan kurikulum merdeka dalam membentuk nilai karakter pada peserta didik di MIN 3 Bandar Lampung, peserta didik melakukan pembiasaan dan dalam kegiatan belajar mengajar dengan semua pelajaran kelas IV MIN 3 Bandar Lampung sesuai dengan karakteristik kurikulum merdeka. Pada tahap evaluasi, pendidik menggunakan penilaian formatif dan penilaian iv sumatif. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan kurikulum merdeka dalam membentuk karakter peserta didik. Faktor pendukung yaitu Pendekatan pembelajaran yang inovatif, pemahaman pendidik yang baik, dan kerjasama yang baik. selain itu Faktor penghambat yaitu kurangnya waktu yang cukup, kurangnya kesadaran peserta didik dalam menerapkan nilai kurikulum merdeka, sarana prasarana yang belum sepenuhnya memadai. Kata kunci : Implementasi, Kurikulum Merdeka, Nilai Karakter. v ABSTRACT This research is motivated by the fact that the education system in Indonesia is facing changes by establishing an independent curriculum by the Ministry of Education and Culture. This policy is a strategic policy because the independent curriculum does not only focus on developing students' intelligence, but also on character formation in accordance with the values of Pancasila embodied in the independent curriculum. This study aims to describe how the implementation of the independent curriculum in shaping character values in students and to find out what are the supporting and inhibiting factors of the independent curriculum in shaping character values in students at MIN 3 Bandar Lampung. This type of research uses a descriptive method with a qualitative approach. This study uses three data collection techniques, namely interview, observation and documentation techniques. Primary data directly from respondents regarding the implementation of the independent curriculum in shaping character values in students at MIN 3 Bandar Lampung, while secondary data was obtained from theories, relevant research books, journals and school documentation data related to the problem to be researched. All of these data are materials in describing and describing the implementation of the independent curriculum in shaping character values in students at MIN 3 Bandar Lampung, starting from the planning, implementation, to evaluation stages. . The result of this research is that at the planning stage, educators have participated in training, educators design the Flow of Learning Objectives and learning modules by including Pancasila values and educators socialize the independent curriculum to students. At the stage of implementing the independent curriculum in shaping character values in students at MIN 3 Bandar Lampung, students familiarize themselves and in teaching and learning activities with all class IV lessons of MIN 3 Bandar Lampung in accordance with the characteristics of the independent curriculum, namely faith, fear of God Almighty, and noble character, global diversity, cooperation, independence, critical reasoning, and creativity. At the vi evaluation stage, educators use formative assessment and summative assessment. The supporting and inhibiting factors in implementing the independent curriculum in shaping the character of students. Supporting factors are innovative learning approaches, good understanding of educators, and good cooperation. In addition, the inhibiting factors are the lack of sufficient time, lack of awareness of students in implementing the value of the independent curriculum, infrastructure facilities that are not fully adequate. Keywords: Implementation, Independent Curriculum, Character Values

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Oct 2024 03:44
Last Modified: 10 Oct 2024 03:44
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35800

Actions (login required)

View Item View Item