PENGARUH ENTREPRENEURIAL CHARACTERISTICS, VENTURE CAPITAL , DAN MARKETING STRATEGY TERHADAP PERKEMBANGAN UKM MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada UKM Di Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung)

DERA, JUNITA (2024) PENGARUH ENTREPRENEURIAL CHARACTERISTICS, VENTURE CAPITAL , DAN MARKETING STRATEGY TERHADAP PERKEMBANGAN UKM MENURUT PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi Pada UKM Di Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1,2 & DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DERA JUNITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK UMKM di Tanjung Karang Pusat menjadi yang terbesar di Bandar lampung, tetapi untuk usaha menengah tidak ada peningkatan dari tahun2021 sampai tahun 2023. Bagaimana Entrepreneurial Characteristics, Venture Capital, Marketing Strategy, dan Perkembangan UKM di Kecamatan Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung Dalam Perspektif Bisnis Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Entrepreneurial Characteristics, Venture Capital, dan Marketing Strategy Terhadap Perkembangan UKM di Kecamatan Tanjung Karang Pusat Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner melalu google form dan dicetak dan disebarkan secara offline maupun online. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 pelaku/pengembang UKM di Kecamatan Tanjung Karang Pusat Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling, Proses analisis dengan menggunakan Smart PLS 4. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Smart PLS 4 bahwa variabel Entrepreneurial Characteristics berpengaruh signfikan terhadap Perkembangan UKM. Hal ini dibuktikan dengan P Values sebesar 0.025 < α = 0.05 dan T-Statistik 1.958 > 1.96, variabel Venture Capital juga berpengaruh signifikan terhadap Perkembangan UKM. Dibuktikan dengan P Values sebesar 0.000 < α = 0.05 dan T-Statistik 4.869 > 1.96, sedangkan variabel Marketing Strategy juga berpengaruh signifikan terhadap Perkembangan UKM. Dibuktikan dengan P Values Sebesar 0.000 < α = 0.05 dan T-Statistik 6.052 > 1.96, Berdasarkan hasil uji Koefisien determinasi (R2 ) nilai pada Perkembangan UKM (Y) adalah 0.798 yang menunjukan bahwa variabel Entrepreneurial Characteristics, Venture Capital, dan Marketing Strategy berkontribusi besar yakni 79.8% dan sisanya 20.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Entrepreneurial Characteristics, Venture Capital, Marketing Strategy, Pekembangan UKM. iv ABSTRACT MSMEs in Central Tanjung Karang are the largest in Bandar Lampung, but for medium-sized businesses there is no increase from 2021 to 2023. What are the Entrepreneurial Characteristics, Venture Capital, Marketing Strategy and Development of SMEs in Tanjung Karang Tengah District, Bandar Lampung from an Islamic Business Perspective. This research aims to determine the influence of Entrepreneurial Characteristics, Venture Capital, and Marketing Strategy on the Development of SMEs in the Central Tanjung Karang District, Bandar Lampung City. This research uses quantitative methods. The data collection method used was a questionnaire via Google Form which was printed and distributed offline and online. The sample in this research was 100 SME actors/developers in Tanjung Karang Pusat District, Bandar Lampung. The sampling technique uses Random Sampling technique, the analysis process uses Smart PLS 4. Based on the results of the analysis using Smart PLS 4, the Entrepreneurial Characteristics variable has a significant influence on SME development. This is proven by P Values of 0.025 < α = 0.05 and T-Statistics of 1.958 > 1.96, the Venture Capital variable also has a significant effect on SME development. Proven by P Values of 0.000 < α = 0.05 and T-Statistics of 4.869 > 1.96, while the Marketing Strategy variable also has a significant effect on SME development. Proven by P Values of 0.000 < α = 0.05 and T-Statistics of 6.052 > 1.96. Based on the results of the Coefficient of Determination (R2) test, the value for SME Development (Y) is 0.798 which shows that the variables Entrepreneurial Characteristics, Venture Capital, and Marketing Strategy contribute greatly namely 79.8% and the remaining 20.2% is influenced by other variables not examined in this research. Keywords: Entrepreneurial Characteristics, Venture Capital, Marketing Strategy, SME Development.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Oct 2024 07:43
Last Modified: 09 Oct 2024 07:43
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35793

Actions (login required)

View Item View Item