DYAH, NUR FITRIANA (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN (P3P2RA) DI KELAS IV MIN 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (6MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Pendidikan karakter pada kurikulum 2013 mengimplementasikannya pada nilai karakter yang disebut pendidikan karakter, namun sekarang di kurikulum merdeka berkembang menjadi karakter yang berbasis nilai-nilai pancasila dan nilai-nilai agama yaitu dapat disebut juga Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin.Pendidikan Karakter berbasis nilai-nilai Islam itu menjadi yang sangat penting salah satu alasannya adalah Islam berkedudukan sebagai mayoritas kehidupan Bangsa Indonesia.Islam yang berkedudukan sebagai agama yang dianut oleh mayoritas warga Indonesia ini menjadi hal yang sangat penting dilakukannya pendidikan karakter yang berbasis nilai-nilai Islam. Pendidikan karakter dapat memperkokoh kehidupan berbangsa dan bernegara, sekaligus menunjukkan jika nilai-nilai keagamaan di Indonesia tidak dapat dipisahkan dari denyut nadi pendidikan dan kehidupan manusia. Agama sebagai sumber nilai dan etika memberikan landasaran moral bagi pendidikan. Penting bagi sistem pendidikan mempertimbangkan dan mengintegrasikan nilai-nilai agama dalam upaya membentuk generasi yang memiliki karakter, moral, dan pemahaman yang kuat pada hidup seseorang.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan proses dalam mengimplementasikan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai islam dalam mewujudkan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin di kelas IV MIN 3 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data yang bersifat naratif dari subjek dan sumber utama yaitu guru kelas, kepala sekolah, dan waka kurikulum serta peserta didik kelas IV MIN 3 Bandar Lampung. Proses pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan teori yang dari Miles dan Huberman yaitu dengan melakukan reduksi data, kemudian penyajian data, langkah selanjutnya penarikan kesimpulan atau verifikasi. iv Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program pendidikan karakter di MIN 3 Bandar Lampung diterapkan di berbagai kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan juga kegiatan ekstrakurikuler dengan berbagai tahapan perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi untuk mengukur keberhasilan penerapan pendidikan karakter pada peserta didik.Tahapan perencanaan yang dilaksanakan adanya persiapan perangkat pembelajaran seperti menganalisis CP, membuat ATP kemudian modul ajar, mempersiapkanfasilitas, waktu, tempat serta alokasi sumber biaya. Tahapan pelaksanaannya melakukan pembiasaan yang dilakukan didalam kegiatan pembelajaran, kemudian di kegiatanintra dan ekstrakurikuler disesuaikan dengan jadwal yang telah disepakai bersama. Evaluasi penerapan pendidikan karakter dilakukan dengan pengamatan secara langsung, mengadakan gelar karya dan juga penilaian formatif serta penilaian sumatif. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin v ABSTRACT Character education in the 2013 curriculum implements it in character values called character education, but now in the independent curriculum it develops into a character based on Pancasila values and religious values, which can also be called the Pancasila Student Profile and the Rahmatan lil Alamin Student Profile. Character education based on Islamic values is very important, one of the reasons is that Islam is positioned as the majority of the life of the Indonesia nation. Islam, which is a religion embraced by the majority of Indonesia citizens, is a very important thing to carry out character education based on Islamic values. Character education can strengthen the life of the nation and state, as well as show that religious values in Indonesia cannot be separated from the pulse of education and human life.Religion as a source of values and ethics provides a moral foundation for education. It is important for the education system to consider and integrate religious values in an effort to form a generation that has a strong character, morals, and understanding of a person's life. This study aims to analyze and describe the process in implementing character education based on Islamic values in realizing the Pancasila student profile and the rahmatan lil alamin student profile in grade IV MIN 3 Bandar Lampung. This study uses a descriptive qualitative research method used to collect narrative data from the main subjects and sources, namely classroom teachers, principals, and curriculum waka as well as students of grade IV MIN 3 Bandar Lampung. The data collection process uses interview, observation and documentation techniques. The data was analyzed using the theory from Miles and Huberman, namely by reducing the data, then presenting the data, the next step was drawing conclusions or verifying. The results of the research show that the implementation of the character education program at MIN 3 Bandar Lampung is implemented in various intracurricular, co-curricular and extracurricular activities with various stages of planning, vi implementation and evaluation to measure the success of implementing character education for students. The planning stage that is carried out is the preparation of learning tools such as analyzing CP, creating ATP and teaching modules, preparing facilities, time, place and allocation of cost resources. The implementation stages involve familiarization in learning activities, then intra and extracurricular activities are adjusted to the schedule that has been mutually agreed upon. Evaluation of the implementation of character education is carried out by direct observation, holding work degrees and also formative assessments and summative assessments. Keywords: Implementation, Character Education, Pancasila Student Profile, Rahmatan Lil Alamin Student Profile
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 08:25 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 08:25 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35760 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |