Ana, Meilinda (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD NEGERI 1 MERBAU MATARAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Merbau Mataram. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen (quasi experimental), dan desain penelitian nonequivalent control group design. Data hasil pra penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa rendahnya pemahaman dan data hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika masih rendah, pembelajaran matematika yang dianggap sulit oleh peserta didik, serta pembelajaran kurang kondusif disebabkan oleh peserta didik yang kurang memperhatikan pendidik. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan data berbentuk tes pilihan ganda. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 51 peserta didik. Sampel yang digunakan meliputi dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran wordwall, sedangkan kelas IV B sebagai kelas kontrol menggunakan media gambar dalam pembelajaran. Sampel terdiri dari 24 peserta didik untuk kelas IV A dan 27 peserta didik untuk kelas B. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dengan menggunakan uji Shapiro-Wilk, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran wordwall dengan hasil belajar peserta didik berdasarkan rata-rata nilai posttest untuk kelas eksperimen sebesar 80 dan kelas kontrol sebesar 74. Adapun uji hipotesis menggunakan uji -t atau Independet Sample T-Test terdapat hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,034 Nilai Sig (2-tailed) ini. Hal ini berarti menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai posttest yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran wordwall terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV di SD Negeri 1 Merbau Mataram. Kata kunci: Hasil Belajar, Matematika, Wordwall. iii ABSTRACT This study aims to describe the effect of using wordwall learning media on the mathematics learning outcomes of fourth grade students at SD Negeri 1 Merbau Mataram. This study is a quantitative study using a quasi-experimental method and a nonequivalent control group design. The data from the pre-research conducted showed that the low level of understanding and learning outcomes of students in mathematics subjects were still low, mathematics learning was considered difficult by students, and learning was less conducive due to students who paid less attention to educators. This study used a multiple-choice test data collection technique. The population of this study was all fourth grade students totaling 51 students. The sample used included two classes, namely class IV A as an experimental class using wordwall learning media, while class IV B as a control class using picture media in learning. The sample consisted of 24 students for class IV A and 27 students for class B. The data analysis technique used a normality test using the Shapiro�Wilk test, a homogeneity test, and a hypothesis test using the t-test. The results of the study showed that there was an increase in student learning outcomes after using wordwall learning media with student learning outcomes based on the average posttest score for the experimental class of 80 and the control class of 74. The hypothesis test using the t-test or Independent Sample T-Test found a Sig (2- tailed) result of 0.034. This Sig (2-tailed) value <a=(0.05). This means that there is a significant difference in posttest scores between the experimental class and the control class. It can be concluded that there is an influence of the use of wordwall learning media on the mathematics learning outcomes of grade IV students at SD Negeri 1 Merbau Mataram. Keywords: Learningn Results, Mathematics, Wordwall.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:02 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:06 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |