PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION, TRUST IN BRAND,DAN SWITCHING BARRIERTERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA PRODUK SKINTIFIC DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi pada Remaja Pengguna Skintific yang Berusia 19-23 Tahun di Bandar Lampung)

Nesya, Dhiti Abtiza (2024) PENGARUH CUSTOMER SATISFACTION, TRUST IN BRAND,DAN SWITCHING BARRIERTERHADAP CUSTOMER RETENTION PADA PRODUK SKINTIFIC DALAM PERSPEKTIF ISLAM (Studi pada Remaja Pengguna Skintific yang Berusia 19-23 Tahun di Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 NESYA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NESYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Peningkatan globalisasi membuat persaingan semakin ketat dalam dunia bisnis. Perusahaan harus mampu menciptakan citra baik bagi pelanggannya karena mereka adalah tujuan utama dalam bisnis. Hal ini juga terjadi pada perusahaan produk kecantikan. Persaingan yang ketat dapat membuat pelanggan lebih mudah tertarik untuk mencoba merek atau produk terbaru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Customer Satisfaction, Trust in Brand, dan Switching Barrier terhadap Customer Retention pada remaja pengguna produk Skintific di Bandar Lampung, dengan memberikan manfaat bagi perusahaan maupun pelanggan. Penting bagi perusahaan dalam memahami faktor-faktor apa saja yang dapat membuat pelanggan menjadi setia dan penting bagi pelanggan untuk mencari bahan pertimbangan dalam memilih produk kecantikan (skin care). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel 100 responden. Sumber data berupa data primer, data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan Non-probability sampling dengan teknik Purposive sampling. Untuk proses analisis data menggunakan alat pengolahan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Customer Satisfaction secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Customer Retention, hal ini berarti bahwa kepuasan pelanggan tidak menjamin pelanggan menjadi setia. Sedangkan Trust in Brand dan Switching Barrier secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Retention, hal ini berarti bahwa kepercayaan merek pada pelanggan dan hambatan beralih akan dapat membuat pelanggan menjadi setia dan perusahaan akan mendapatkan keuntungan. Hasil uji simultan mendapatkan hasil bahwa Customer Satisfaction, Trust in Brand dan Switching Barrier secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Retention, hal ini berarti bahwa akan menjadi tantangan perusahaan dalam memahami faktor-faktor yang dapat membuat pelanggan menjadi menetap dan setia. Kata Kunci : Customer Satisfaction, Trust in Brand, Switching Barrier iii ABSTRACT Increased globalization makes competition more intense in the business field. Companies must be able to create a good reputation for their customers because they are the main target in business. This is also happened in beauty product companies. Intense competition can make customers more easily interested in trying the latest brands or products. The purpose of this study was to investigate the influence of Customer Satisfaction, Trust in Brand, and Switching Barrier toward Customer Retention on teenage Skintific consumers in Bandar Lampung, by providing benefits for companies and customers. It is important for companies to understand what factors can make customers loyal and it is important for customers to find consideration in choosing beauty products (skin care). This research uses quantitative methods with a sample size of 100 respondents. The data source is primary data, primary data is obtained from the results of distributing questionnaires. This research uses non-probability sampling with purposive sampling technique. For the data analysis process, use the SPSS 25 processing tool. Based on the results of this research, it shows that Customer Satisfaction partially has a positive and insignificant effect on Customer Retention, this means that customer satisfaction does not guarantee that customers will be loyal. Meanwhile, Trust in Brand and Switching Barrier partially have a positive and significant effect on Customer Retention, this means that brand trust in customers and switching barriers will make customers loyal and the company will gain profits. Simultaneous test results show that Customer Satisfaction, Trust in Brand and Switching Barrier simultaneously have a positive and significant effect on Customer Retention, this means that it will be a challenge for companies to understand the factors that can make customers stay and be loyal. Keywords: Customer Satisfaction, Trust in Brand, Switching Barrier

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Oct 2024 04:39
Last Modified: 07 Oct 2024 04:39
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35685

Actions (login required)

View Item View Item