Adinda, Meilani Kurniawan (2024) PENGARUH FOOD BLOGGER, SOSIAL MEDIA INSTAGRAM, DAN INOVASI MAKANAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KULINER DI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Akun Instagram @kuliner_lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penggunaan internet marketing sebagai media komunikasi dalam pemasaran dipengaruhi oleh semakin pesatnya perkembangan teknologi komunikasi terutama internet. Salah satunya promosi melalui akun Instagram Food Blogger @kuliner_lampung dan gebrakan inovasi makanan yang dilakukan oleh berbagai pelaku usaha kuliner untuk meningkatkan minat beli khususnya di daerah lampung. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah Food Blogger Sosial Media Instagram, Inovasi Makanan Berpengaruh Terhadap Minat Beli Konsumen Kuliner Di Lampung menurut perspektif bisnis islam ? Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Food Blogger, Sosial Media Instagram, Dan Inovasi Makanan Terhadap Minat Beli Konsumen Kuliner Di Lampung menurut pandangan dalam perspektif bisnis Islam. Penelitian ini dilakukan dengan mengggunakan penelitian secara kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Follower atau pengikut dari akun sosial media Instagram @kuliner_lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel 100 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan Hasil Output SPSS ver.22 bahwa nilai signifikasi dari variabel efektifitas memperoleh hasil bahwa Variabel Food Blogger (X1) memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen kuliner di lampung (Y) dengan nilai thitung (4,934) > ttabel (1,984) Variabel Sosial Media Instagram (X2) memiliki pengaruh positif terhadap minat beli konsumen kuliner di lampung (Y) nilai thitung (2,292) > ttabel (1,984) sedangkan Inovasi Makanan (X3) tidak memiliki memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap minat beli konsumen kuliner di lampung dengan nilai thitung (1,348) < ttabel (1,984). Menurut Perspektif Bisnis Islam, Pengaruh Food Blogger, Media Sosial Instagram serta Inovasi Makanan itu diperbolehkan asalkan semua seusai dengan Hukum Islam. Kata Kunci : Food Blogger, Perspektif Bisnis Islam, Minat Beli, Kuliner Lampung iv ABSTRACT The use of internet marketing as a communication medium in marketing is influenced by the increasingly rapid development of communication technology, especially the internet. One of them is promotion through the Food Blogger Instagram account @kuliner_lampung and breakthroughs in food innovation carried out by various culinary business actors to increase buying interest, especially in the Lampung area. The formulation of the problem in this research is whether Food Blogger Social Media Instagram, Food Innovation Influence Culinary Consumer Purchase Interest in Lampung according to an Islamic business perspective? This research aims to determine the influence of food bloggers, social media Instagram, and food innovation on the buying interest of culinary consumers in Lampung according to an Islamic business perspective. This research was conducted using quantitative research. The population in this research are followers or followers of the Instagram social media account @kuliner_lampung. Sampling was carried out using a purposive sampling technique with a sample size of 100 people. The data collection technique used was a questionnaire while the data analysis technique used was multiple linear regression analysis. Based on the SPSS Ver.22 Output Results, the significance value of the effectiveness variable shows that the Food Blogger Variable (X1) has a positive influence on the buying interest of culinary consumers in Lampung (Y) with a value of tcount (4.934) > ttable (1.984) Social Media Variable Instagram (X2) has a positive influence on the buying interest of culinary consumers in Lampung (Y) tcount value (2.292) > ttable (1.984) while Food Innovation (X3) does not have a significant positive influence on the buying interest of culinary consumers in Lampung with the tcount value ( 1.348) < ttable (1.984). According to the Islamic Business Perspective, the influence of food bloggers, Instagram social media and food innovation is permitted as long as everything is in accordance with Islamic law. Keywords: Food Blogger, Islamic Business Perspective, Purchase Interest, Lampung Culinary
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:44 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:44 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |