MUHAMMAD, RIFALDI WIJAYA (2024) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN KELAS EFEKTIF DI SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas dibagi menjadi tiga, yaitu: pendahuluan, inti pembelajaran dan penutup. Sebelum melakukan aktivitas pembelajaran peserta didik melaksanakan tadarus bersama dipimpin oleh guru yang bertugas, kemudian peserta didik menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Dalam kegiatan pendahuluan guru mengkondisikan siswa agar siap melaksanakan belajar. Biasanya guru tidak akan memulai pembelajaran sebelum siswa siap untuk belajar. Dalam kegiatan pendahuluan, biasanya dilakukan dengan cara mengulang pelajaran yang sebelumnya, atau memberikan cerita yang dikaitkan dengan materi yang akan dipelajari siswa, sehingga siswa tidak mengalami kebingungan ketika masuk dalam kegiatan inti pembelajaran. Kegiatan inti pembelajaran yang di lakukan oleh guru meliputi penyampaian materi pokok, melakukan pendekatan strategi pembelajaran yang efektif, pemanfaatan sumber belajar dan media pembelajaran, melakukan pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa, menilai proses dan hasil belajar. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi kelas dalam meningkatkan kelas efektif di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, yang dimaksud dengan penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan studi kasus di lapangan dan mengacu pada norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan dan putusan pengadilan serta norma-norma yang hidup dan berkembang di masyarakat serta menggunakan tiga cara dalam mengumpulkan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi dalam meneliti. Analisa data yang digunakan dalam penelitan ini dilakukan dengan mereduksi data, setelah itu disajikan dalam bentuk deskripsi, dan diverifikasi dengan penarikan kesimpulan uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil Penelitian Perencanaan kelas dalam meningkatkan kelas efektif di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung melakukan dua tahapan yakni tahap persiapan yang dilakukan dengan mengalisis kondisi kelas, dan yang kedua tahap perencanaan yang dilakukan dengan pembuatan perangkat belajar seperti Kurikulum, RPP, dan silabus sesuai dengan kondisi kelas. Proses pengorganisasian kelas dalam meningkatkan kelas efektif di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung dilakukan dengan membentuk struktur organisasi kelas, fasilitas dan pengaturan tempat duduk. Pelaksanaan kelas dalam meningkatkan iv kelas efektif di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung melakukan dua pengaturan yakni penganturan siswa dan pengaturan faislitas. Pengaturan siswa dilakukan dengan menggunakan pendekatan intruksional ( pengajaran) dimana guru dituntut untuk mengetahui kemampuan awal serta karakteristik murid dan kemudian dilakukan pengelompokan. Pengaturan fasilitas yang dilakukan oleh guru yakni dengan mengatur tempat duduk siswa dan mengatur alat alat pembelajaran yang akan digunakan. Evaluasi kelas dalam meningkatkan kelas efektif di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung yaitu dengan melaksanakan ujian ujian yang dilakukan setiap bulan dan akhir semester. Dimana ujian tersebut menjadi salah satu komponen penting yang harus dilakukan oleh guru untuk mengetahui seberapa efektif pembelajaran yang dilakukan. Penilaian yang dilakukan tidak hanya dengan ujian-ujian, namun penilaian juga dilaksanakan saat KBM berlangsung dan keseharian siswa diluar kelas. Kata Kunci: Manajemen Kelas, kelas efektif v ABSTRACT SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung in the learning activities carried out by teachers in the classroom was divided into three, namely: introduction, core learning and conclusion. Before carrying out learning activities, students carry out tadarus together, led by the teacher on duty, then students sing the national anthem Indonesia Raya. In preliminary activities the teacher conditions students to be ready to carry out learning. Usually teachers will not start learning before students are ready to learn. In preliminary activities, this is usually done by repeating previous lessons, or providing stories that are linked to the material that students will study, so that students do not experience confusion when entering the core learning activities. The core learning activities carried out by teachers include delivering main material, implementing an effective learning strategy approach, utilizing learning resources and learning media, conducting learning that triggers and maintains student involvement, assessing learning processes and outcomes. This type of research uses qualitative research, what is meant by qualitative research was research that uses case studies in the field and refers to legal norms contained in statutory regulations and court decisions as well as norms that live and develop in society and uses three methods. in collecting data, namely observation, interviews and documentation in research. Research Results: Class planning in improving effective classes at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung carried out two stages, namely the preparation stage which was carried out by analyzing class conditions, and the second was the planning stage which was carried out by creating learning tools such as curriculum, lesson plans and syllabus according to the conditions. class. The process of organizing classes to improve effective classes at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung was carried out by forming a class organizational structure, facilities and seating arrangements. The implementation of classes in improving effective classes at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung carries out two arrangements, namely student management and facility arrangements. Student arrangements are carried out using an instructional approach (teaching) where teachers were required to know the initial abilities and characteristics of students and then group them. The facilities are arranged by the teacher, vi namely by arranging the students' seats and arranging the learning tools that will be used. Class evaluation in improving effective classes at SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung is by carrying out exams which are carried out every month and at the end of the semester. Where the test was one of the important components that teachers must carry out to find out how effective the learning was. Assessments are carried out not only through exams, but assessments are also carried out during teaching and learning activities and in students' daily activities outside of class. Keywords: Management Class, class efektif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 07:37 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 07:37 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35660 |
Actions (login required)
View Item |