PENERAPAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 LABUHAN DALAM BANDAR LAMPUNG

Bunga, Sevita Atika (2024) PENERAPAN MEDIA KOMIK DIGITAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 1 LABUHAN DALAM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Media Komik Digital dalam meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SDN 1 Labuhan Dalam. Adapun Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek antara lain peneliti dan peserta didik kelas V SDN 1 Labuhan Dalam yang berjumlah 28 peserta didik. Berdasarkan metode penelitian yang digunakan, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pada penelitian ini adalah penerapan media mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik, berdasarkan tes yang telah dilakukan dalam proses pembelajaran diketahui bahwa peningkatan pada tindakan yang dilakukan pada siklus II memperoleh rata-rata nilai sebesar 82. Maka dapat disimpulkan bahwa media komik digital pada pembelajaran IPA dengan materi pernapasan pada hewan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Media Komik Digital, Pemahaman Konsep, Pernapasan pada Hewan iv ABSTRACT This research aims to find out how the application of Digital Comic Media can improve the understanding of science concepts for class V students at SDN 1 Labuhan Dalam. The method used in this research is the Classroom Action Research (PTK) method with subjects including researchers and class V students at SDN 1 Labuhan Dalam, totaling 28 students. Based on the research method used, data collection techniques in this research used interview, observation, test and documentation techniques as well as using qualitative descriptive analysis techniques. The results of the research in this study are that the application of media is able to increase students' understanding of concepts, based on tests that have been carried out in the learning process, it is known that the increase in actions carried out in cycle II obtained an average score of 82. So it can be concluded that digital comic media in learning Science with material on animal respiration can increase students' understanding of concepts. Keywords: Digital Comic Media, Understanding Concepts, Respiration in Animals

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:26
Last Modified: 04 Oct 2024 07:26
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35659

Actions (login required)

View Item View Item