Eka, Junia Sahputri (2024) PENINGKATAN KREATIVITAS MENGGAMBAR DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SDN 25 TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Kurangnya kreativitas menggambar peserta didik kelas V SDN 25 Tulang Bawang Tengah saat pembelajaran SBdP belum berjalan secara maksimal,berdasarkan data prasiklus peserta didik yang dapat dikatakan tuntas 8 dari 35 peserta didik dengan presentase 22%, hal tersebut terjadi karena kurangnya kreativitas peserta didik dalam membuat karya gambar hal ini disebabkan karena kebiasaan menggambar yang terbatas, dimana kegiatan tersebut seringkali hanya sebatas tindakan menggambar bebas, dan juga terdapat beberapa peserta didik yang kurang nya fokus pada saat proses pembelajaran, sehingga apa yang disampaikan oleh pendidik tidak begitu maksimal. Model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) memiliki kesesuaian yang tinggi dalam meningkatkan pemahaman konsep dan mengembangkan keterampilan dan kreativitas yang relevan untuk dunia nyata dalam menciptakan karya seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas menggambar SBdP menggunakan model pembelajaran project based learning peserta didik SDN 25 Tulang Bawang Tengah. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus memiliki tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 25 Tulang Bawang Tengah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi, dan tekhnik analisis datanya dengan analisis kualiatif dan kuantitatif. Hasil kreativitas peserta didik dalam pembelajaran SBdP dengan materi cerita bergambar di kelas V SDN 25 Tulang Bawang Tengah, pada siklus I hasil penilaian berdasarkan observasi karya peserta didik menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 18 peserta didik dengan tingkat ketuntasan 51,42% pada pertemuan pertama dan hasil penilaian kreativitas berdasarkan hasil karya peserta didik menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 23 peserta didik dengan tingkat ketuntasan 65,71% pada pertemuan kedua. Pada siklus II hasil penilaian berdasarkan observasi karya peserta didik menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 26 peserta didik dengan tingkat ketuntasan 74,28% pada pertemuan pertama dan hasil penilaian kreativitas berdasarkan hasil karya peserta didik menunjukkan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan iii sebanyak 31 peserta didik dengan tingkat ketuntasan 88,57%. Oleh karena itu pembelajaran peserta didik pada mata pembelajaran SBdP materi cerita bergambar di kelas V SDN 25 Tulang Bawang Tengah pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kata Kunci: Kreativitas Menggambar, Model Pembelajaran Project Based Learning iv ABSTRACT The lack of creativity in drawing in students of the V class students of SDN 25 Tulang Bawang Tengah when learning SBdP has not been running optimally, based on the pre-cycle data of students who can be said to be complete 8 out of 35 students with a percentage of 22%, this happens because of the lack of creativity of students in making drawings this is due to limited drawing habits, where these activities are often only limited to free drawing actions, and there are also some students who are less focused during the learning process, so that what is conveyed by the educator is not so optimal. The Project Based Learning (PJBL) learning model has a high suitability in improving concept understanding and developing skills and creativity that are relevant to the real world in creating works of art. The purpose of this study was to improve SBdP drawing creativity using a project-based learning model for SDN 25 Tulang Bawang Tengah students. The type of research conducted is Classroom Action Research. Classroom action research (PTK) consisting of two cycles. Each cycle has stages of planning, action implementation, observation and reflection. The subjects in this study were fifth grade students of SDN 25 Tulang Bawang Tengah. Data collection techniques using observation, tests and documentation, and data analysis techniques with qualitative and quantitative analysis. The results of students' creativity in learning SBdP with picture story material in class V SDN 25 Tulang Bawang Tengah, in cycle I the results of the assessment based on observation of students' work showed the number of students who reached completeness as many as 18 students with a completeness rate of 51.42% at the first meeting and the results of the assessment of creativity based on the work of students showed the number of students who reached completeness as many as 23 students with a completeness rate of 65.71% at the second meeting. In cycle II the results of the assessment based on observation of the work of students showed the number of students who reached completeness as many as 26 students with a completeness rate of 74.28% at the first meeting and the results of the assessment of creativity based on the work of students showed the number of students who reached completeness as many as 31 students with a completeness rate of 88.57%. Therefore, student learning in SBdP learning subjects on picture story material in class V SDN 25 Tulang v Bawang Tengah in cycle II has reached classical learning completeness. Keywords: Drawing Creativity, Project Based Learning Model
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 08:15 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 08:15 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |