Devi, Setio Rini (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA EDUCAPLAY TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V MADRASYAH IBTIDAIYAH MUHAMADIAH (MIM) TANJUNG INTEN PURBOLINGGO LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media educaplay terhadap hasil belajar dalam pelajaran pendidikan pancasila kelas V MIM Tanjung Inten Purbolinggo Lampung Timur. Berdasarkan latar belakang dari penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran pendidikan pancasila. Keberhasilan dalam pendidikan dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar peserta didik, dan salah satu faktor yang mempengaruhi dalam tingkat, tinggi, rendahnya hasil belajar antara lain adalah penggunaan media dalam pembelajaran. Media educaplay adalah sebuah platform pembelajaran online yang menyediakan berbagai jenis permainan dan aktivitas interaktif dalam membantu siswa belajar dengan cara yang lebih menyenangkan dan efektif. Siswa dapat meningkatkan pembelajaran pemahaman, keterlibatan, keterampilan mandiri, keterampilan kolaboratif, keterampilan komunikasi, keterampilan membaca, dan keterampilan berpikir kritis, menggunakan educaplay juga menyediakan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Pendekatan interaktif memungkinkan siswa belajar secara mandiri dan mengembangkan pemikiran kritis serta penerapan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kuantitatif deangan desain Quasi Eksperimental Design dengan rencangan menggunakan dua data yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti akan memberikan perlakuan yang berbeda dalam pembelajaran terhadap dua kelas, yaitu pada kelas eksperimen peneliti menggunakan media educaplay dan pada kelas kontrol peneliti menggunakan media buku cetak. Instrumen yang digunakan adalah dengan menggunakan posttest yang berbentuk 15 soal pilihan ganda dan 10 soal essay. Setelah dilaksanakan penelitian dan terkumpulnya data kemudian dilakukan analisis data dengan bantuan program IBM SPSS statistics v.25. Hasil analisis data diperoleh dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi < 0,05. Dan diperoleh hasil dari penelitian menujukkan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dan diterima. Dengan demikian dari hasil uji-t menyatakan terdapat pengaruh menggunakan media iv pembelajaran educaplay terhadap hasil belajar dalam pelajaran pendidikan pancasila kelas V MIM Tanjung Inten Purbolinggo Lampung Timur. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Educaplay, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila. v ABSTRACT This research aims to determine the effect of using educaplay media on learning outcomes in class V Pancasila education lessons at MIM Tanjung Inten Purbolinggo, East Lampung. Based on the background of this research, the learning outcomes of students in Pancasila education are still low. Success in education can be seen from the increase in student learning outcomes, and one of the factors that influences the level, high or low of learning outcomes includes the use of media in learning. Media educaplay is an online learning platform that provides various types of games and interactive activities to help students learn in a more fun and effective way. Students can improve learning understanding, engagement, independent skills, collaborative skills, communication skills, reading skills, and critical thinking skills, using educaplay also provides students to actively participate in the learning process. The interactive approach allows students to learn independently and develop critical thinking and the application of Pancasila values in everyday life which can influence student learning outcomes. The type of research carried out was quantitative research with a Quasi Experimental Design design with a plan using two data, namely the control class and the experimental class. In carrying out this research, the researcher will provide different treatment in learning to two classes, namely in the experimental class the researcher uses educaplay media and in the control class the researcher uses printed book media. The instrument used was a posttest in the form of 15 multiple choice questions and 10 essay questions. After carrying out research and collecting data, data analysis was then carried out with the help of the IBM SPSS statistics v.25 program. The results of data analysis were obtained by testing the hypothesis using the t-test with a significance level of <0.05. And the results obtained from the research show 0.000 < 0.05. Based on these results, it can be concluded that H_0 and H_1 are accepted. Thus, the results of the t-test indicate that there is an influence of using Educaplay learning media on learning outcomes in class V Pancasila education lessons at MIM Tanjung Inten Purbolinggo, East Lampung. Keywords: Learning Media, Educaplay, Learning Outcomes, Pancasila Education.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 08:10 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 08:10 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35635 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |