PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

ELLA, NETIYANA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN MEDIA FLIPCHART TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah keterampilan berbicara peserta didik yang masih rendah, karena mereka cenderung pasif saat pelajaran bahasa Indonesia dan kurang aktif dalam menyampaikan ide dan pendapat, sehingga hasil nilai keterampilan berbicara peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia memerlukan perbaikan. Dimana dari hasil pra penelitian diketahui nilai tes lisan keterampilan berbicara yaitu ketepatan vokal 18%, intonasi suara 18,8%, ketepatan ucapan 18%, urutan kata yang tepat 17,8%, dan kelancaran 20% dari 36 peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat mengaktifkan keterampilan berbicara, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media flipchart. Model pembelajaran ini serta media yang digunakan lebih efektif meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media flipchart terhadap keterampilan berbicara peserta didik pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di MIN 5 Bandar Lampung tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Peneliti menggunakan metode Pre-Experimetal Designn dengan desain One�Group PretesPostest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV yang berjumlah 140 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu sampling purposive.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV Umi Kulsum. Metode teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes lisan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa data taraf signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat adanya pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining berbantuan media flipchart terhadap keterampilan berbicara, dengan hasil pengaruh sebesar 25,77. Kata Kunci : Model Student Facilitator and Explaining, Media Flipchart, Keterampilan Berbicara iv ABSTRACT This research is motivated by the low speaking skills of students. They tend to be passive during Indonesian language lessons and are not very active in expressing ideas and opinions, resulting in the need for improvement in speaking skills scores in the Indonesian language subject. Pre-research results show speaking skills scores as follows: vocal accuracy 18%, voice intonation 18.8%, pronunciation accuracy 18%, correct word order 17.8%, and fluency 20% from 36 students. Therefore, a learning model that can activate speaking skills is needed, one of which is the Student Facilitator and Explaining model assisted by flipchart media. This learning model and media are considered more effective in improving students' speaking skills. The purpose of this research is to determine the effect of the Student Facilitator and Explaining model assisted by flipchart media on students' speaking skills in the Indonesian language subject. This research was conducted at State Islamic Elementary School 5 Bandar Lampung for the 2023/2024 academic year. This research uses a quantitative research type with an experimental approach, utilizing the Pre-Experimental Design method with a One-Group Pretest�Posttest design. The population in this research comprises all fourth�grade students, totaling 140 students, with the sample selected being class IV Umi Kulsum using purposive sampling technique. Data collection methods include oral tests, interviews, and documentation. Based on data analysis from the t-test results, it can be concluded that the significance level of 0.000 < 0.05, thus H0 is rejected and H1 is accepted. Therefore, it can be concluded that there is an effect of the Student Facilitator and Explaining model assisted by flipchart media on students' speaking skills, with an effect size of 25,77. Keywords: Student Facilitator and Explaining Model, Flipchart Media, Speaking Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:31
Last Modified: 03 Oct 2024 07:31
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35631

Actions (login required)

View Item View Item