PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE CONNECTED BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 1 WAYLAGA BANDAR LAMPUNG

SELFI, DEVANI PUTRI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TERPADU TIPE CONNECTED BERBANTU MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V DI SD NEGERI 1 WAYLAGA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SELFI DEVANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangi oleh masalah rendahnya nilai hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Waylaga Bandar Lampung. Dikarenakan saat proses pembelajaran berlangsung, pendidik masih menggunakan model pembelajaran yang membuat peserta didik merasa tidak tertarik dan membuat peserta didik cenderung pasif. Dilihat dari hasil pra-penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, diketahui nilai kriteria ketuntasan minimum peserta didik kelas V SD Negeri 1 Waylaga Yaitu 70, Sedangkan dari 73 peserta didik kelas V hanya 26% yang sudah tuntas, dan 74% yang masih rendah nilai hasil belajarnya. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik masih belum optimal, meskipun pendidik sudah menggunakan model dan media pembelajaran yang bervariasi, tetapi hasil belajarnya masih tetap rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terpadu tipe connected berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Waylaga Bandar Lampung. Penelitian yang dilaksanakan di SD Negeri 1 Waylaga Bandar Lampung tahun ajaran 2023/2024 menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Peneliti menggunakan metode Quasy Experiment Design dengan rancangan Pretest-posttest eksperiment control group design dengan kelas eksperimen dan kelas control. Populasi penelitian ini seluruh kelas V yang berjumlah 73 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu Non-Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan pretest-posstest, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran terpadu tipe connected berbantuan media video animasi terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Waylaga Bandar Lampung. Hal ini ditunjukkan dari hasil yang diperoleh dari uji-t dengan hasil signifikansi pada nilai Posttest yang diperoleh sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari 0,05 dengan kesimpulan nilai Sig. 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruhnya dari penggunaan model pembelajaran terpadu tipe connected terhadap hasil belajar IPA peserta didik di kelas V SD Negeri 1 Waylaga Bandar Lampung. Kata Kunci : Model Connected , Media Video Animasi, Hasil Belajar peserta didik iv ABSTRACT This research is motivated by the problem of low science learning outcomes of grade V students at SD Negeri 1 Waylaga Bandar Lampung. Because during the learning process, educators still use learning models that make students feel uninterested and make students tend to be passive. Judging from the results of the pre�research that has been carried out previously, it is known that the minimum completeness criteria value of grade V students at SD Negeri 1 Waylaga is 70, while out of 73 grade V students, only 26% have completed it, and 74% still have low learning outcomes. This shows that student learning outcomes are still not optimal, even though educators have used various learning models and media, their learning outcomes are still low. The purpose of this study was to determine the effect of the integrated learning model of the connected type assisted by animated video media on the science learning outcomes of grade V students at SD Negeri 1 Waylaga Bandar Lampung. The research conducted at SD Negeri 1 Waylaga Bandar Lampung in the 2023/2024 academic year used a quantitative research type with an experimental approach. The researcher used the Quasy Experiment Design method with the Pretest-posttest experimental control group design with an experimental class and a control class. The population of this study was all class V totaling 73 students. The sampling technique used in this study was Non�Probability Sampling with the Purposive Sampling type. Data collection techniques used pretest-posttest, and documentation. The results of the study conducted by the researcher showed that there was a significant influence on the integrated learning model of the connected type assisted by animated video media on the science learning outcomes of class V students at SD Negeri 1 Waylaga Bandar Lampung. This is indicated by the results obtained from the t�test with a significance result on the Posttest value obtained of 0.000 which is smaller than 0.05 with the conclusion of the Sig. value. 0.000 <0.05 which means H0 is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this study is that there is an influence of the use of the integrated learning model of the connected type on the science learning outcomes of students in class V SD Negeri 1 Waylaga Bandar Lampung. Keywords: Connected Model, Animated Video Media, Student Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2024 07:26
Last Modified: 03 Oct 2024 07:26
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35630

Actions (login required)

View Item View Item