Diah, Ayu Lestari (2024) ANALISIS BIBLIOMETRIK TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BERBASIS COMPUTATIONAL THINKING DALAM KONTEKS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (5MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Keterampilan membaca dan computational thinking merupakan dua keterampilan yang perlu dimiliki untuk menghadapi perkembangan teknologi dan informasi di abad 21. Computational thinking merupakan kemampuan untuk berpikir secara logis dan algoritmik, yang sangat penting di dunia digital ini. Penelitian ini menggunakan metode literature review dengan pendekatan bibliometrik. Penelitian ini dilakukan dalam database google scholar melalui software Publis or Perish (PoP) untuk memvisualisasikan hasil dari data yang diperoleh. Data diperoleh sebanyak 75 data yang diambil dalam rentang waktu 2020-2023 dengan menggunakan perangkat lunak Publish or Perish (PoP) yang terindek database google scholar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan artikel terkait keterampilan membaca berbasis computational thinking dalam konteks pembelajaran bahasa Indonesia, menyajikan tinjauan literatur bibliometrik dengan melihat jaringan kata kunci, mengidentifikasi rekomendasi peluang tren penelitian yang banyak digunakan dalam topik ini sehingga dapat menyajikan peluang untuk penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil penelitian, perkembangan artikel dengan kata kunci ―keterampilan membaca‖ dan ―computational thinking dalam pembelajaran bahasa Indonesia‖ terbagi menjadi 4 cluster dan 65 item dengan kata kunci yang sering muncul adalah sekolah dasar, siswa, pembelajaran, research, student, study dan computational thinking dengan 4 node yang ukurannya paling besar. mengalami pertumbuhan yang positif dari tahun ke tahunnya. Dari 75 artikel terkait, pada tahun 2023 terdapat 28 artikel yang diterbitkan. Terdapat 20 jurnal teratas yang berkolaborasi menempati posisi paling atas pada tingkat sitasi adalah Jurnal Basicedu sebanyak 261 kali disitasi. Jurnal yang memiliki tingkat publikasi tertinggi adalah Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra dengan publikasi 15 artikel. Rekomendasi peluang penelitian dimasa mendatang yang relevan dengan kata kunci ialah item early age, experimental group, analysis, classroom action research, ability, scratch application, effect, problem, skill, dan implementation. Penelitian menunjukkan bahwa topik mengenai keterampilan membaca berbasis computational thinking dalam iv pembelajaran bahasa Indonesia mengalami pertumbuhan yang positif dan menunjukkan bahwa keterampilan membaca berbasis computational thinking telah dikembangkan dalam berbagai topik keterampilan. Mengembangkan keterampilan membaca berbasis computational thinking melalui aplikasi scratch dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat menjadi alternatif topik untuk penelitian selanjutnya. Kata Kunci: Computational thinking, Keterampilan membaca, Bibliometrik v ABSTRACT Reading and computational thinking skills are two skills that need to be possessed to face technological and information developments in the 21st century. Computational thinking is the ability to think logically and algorithmically, which is very important in this digital world. This study uses a literature review method with a bibliometric approach. This research was conducted in the google scholar database through Publis or Perish (PoP) software to visualize the results of the data obtained. Data was obtained as many as 75 data taken in the 2020-2023 period using Publish or Perish (PoP) software indexed by the google scholar database. The purpose of this study is to find out the development of articles related to reading skills based on computational thinking in the context of Indonesian language learning, present a review of bibliometric literature by looking at keyword networks, identify recommendations for research trend opportunities that are widely used in this topic so that it can present opportunities for further research. Based on the results of the research, the development of articles with the keywords "reading skills" and "computational thinking in Indonesian language learning" is divided into 4 clusters and 65 items with keywords that often appear are elementary school, students, learning, research, student, study and computational thinking with 4 nodes being the largest. experiencing positive growth from year to year. Of the 75 related articles, in 2023 there are 28 articles published. There are the top 20 journals that collaborated to occupy the top position at the citation level, namely Jurnal Basicedu with 261 citations. The journal that has the highest publication rate is the Journal of Language and Literature Learning with 15 publications. Recommendations for future research opportunities that are relevant to the keywords are early age items, experimental groups, analysis, classroom action research, ability, scratch application, effect, problem, skill, and implementation. The research shows that the topic of computational thinking-based reading skills in Indonesian language learning has experienced positive growth and shows that vi computational thinking-based reading skills have been developed in various skill topics. Developing computational thinking-based reading skills through scratch applications in Indonesian learning can be an alternative topic for further research. Keywords: Computational thinking, Reading skills, Bibliometrics
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 07:18 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 07:18 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35629 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |