PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA KELAS IV DI SD NEGERI SUKAJAWA LAMPUNG TENGAH

MUHAMAD, CAHYA SAPUTRA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA KELAS IV DI SD NEGERI SUKAJAWA LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi  1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi  MUHAMAD CAHYA SAPUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan data hasil pra penelitian yang telah dilakukan penulis di SD Negeri Sukajawa menunjukkan bahwa data hasil tes hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan pendidik belum bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran dalam pelajaran bahasa Indonesia. Berdasarkan persoalan tersebut maka penulis melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimen Design dengan jenis penelitian pretest-posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IVA dan IVB di SD Negeri Sukajawa, teknik pengambilan sample menggunakan cluster random sampling sehingga terpiilih kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes berupa tes pilihan ganda, lalu dalam uji instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Uji analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan di SD Negeri Sukajawa dengan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap hasil belajar bahasa Indonesia pada kelas IV di SD Negeri Sukajawa. Hal ini ditunjukan berdasarkan perhitungan hipotesis menggunakan rumus Uji-t Independent didapat thitung = 5.469 dan pada taraf signifikansi 5% di dapat ttabel = 2.042 ini berarti thitung > ttabel. maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kata kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) iii ABSTRACT Based on data from pre-research conducted by the author at Sukajawa State Elementary School, it shows that the test results for learning outcomes in Indonesian language subjects are still relatively low. This is because educators have not varied in using learning models in Indonesian language lessons. Based on these problems, the author conducted research using the cooperative integrated reading and composition (CIRC) learning model to improve learning outcomes in Indonesian language subjects. The research method used was Quasy Experiment Design with a pretest-posttest control group design research type. The population in this study was all students in classes IVA and IVB at Sukajawa State Elementary School. The sampling technique used cluster random sampling so that class IVA was chosen as the experimental class and IV B as the control class. The data collection technique in this research uses a test in the form of a multiple choice test, then in instrument testing it uses a validity test, reliability test, difficulty level test and distinguishing power test. Data analysis tests in this study used the normality test, homogeneity test, N-Gain test, and T test. Based on the results of research that has been carried out at Sukajawa State Elementary School with research results and discussions, it can be concluded that there is a significant influence of the cooperative integrated reading and composition (CIRC) learning model on Indonesian language learning outcomes in class IV at Sukajawa State Elementary School. This is shown based on hypothesis calculations using the Independent t-test formula, we get tcount = 5,469 and at a significance level of 5% we get ttable = 2,042, this means tcount > ttable. then it can be concluded that H0 is rejected and H1 is accepted. Keywords: Learning Outcomes, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Learning Model

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Oct 2024 06:55
Last Modified: 03 Oct 2024 06:55
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35627

Actions (login required)

View Item View Item