Vina, Rismayani (2024) PENGARUH SERVICE QUALITY, BRAND IMAGE, PROSEDUR PEMBIAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP TANGERANG CITY. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (2MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Bank Syariah Indonesia muncul dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan keuangan konsumen muslim, dengan menggunakan berbagai cara pembiayaan syariah yang layak. Pembiayaan salah satu kegiatan usaha paling terbesar disektor bank syariah dan penyaluran pembiayaan yang sering dipilih oleh konsumen yaitu pembiayaan murabahah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini Apakah service quality mempengaruhi terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang City? Apakah brand image mempengaruhi terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang City? Apakah prosedur pembiayaan mempengaruhi terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang City? Apakah service quality, brand image, prosedur pembiayaan mempengaruhi terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah di Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang City pada prespektif islam? Jenis penelitian ini penelitian lapangan, pengumpulan data dari nasabah dilakukan secara langsung di lapangan dengan membagikan Kuensioner. Sedangkan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling dan berdasarkan perhitungan slovin ditentukan sampel 86 responden. Hal ini menunjukkan diterimanya hipotesis yang menyatakan variabel indenpenden (service quality, brand image, prosedur pembiayaan) berpengaruh secara simultan (bersama-sama) dan signifikan terhadap variabel dependen (terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan murabahah ) pada prespektif islam. Dalam menurut Antonio bahwa brand image pandang terdiri dari Siddiq kebenaran brand image dalam sesuai dengan islam dikarena Bank Syariah Indonesia dalam pengajuan pembiayaan, prosedur pembiayaaan secara transparan kepada nasabah, Amanah dalam memberikan kualitas pelayanan yang terbaik dan cepat waktu, memiliki integritas fathonah dalam pengetahuan pegawai nasabah dalam produk serta prinsip – prinsip islam, tablig memiliki nilai komunkasi baik antara pegawai dan sesasama nasabah. Kata Kunci : Service Quality, Brand Image Prosedur Pembiayaan, Keputusan Nasabah. ABSTRACT Bank Syariah Indonesia emerged quickly to meet the financial needs of Muslim consumers, using various feasible sharia financing methods. Financing is one of the largest business activities in the sharia banking sector and the distribution of financing that is often chosen by consumers is murabahah financing. The problems raised in this study Does service quality affect customer decisions in choosing murabahah financing products at Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang City? Does brand image affect customer decisions in choosing murabahah financing products at Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang City? Does the financing procedure affect customer decisions in choosing murabahah financing products at Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang City? Do service quality, brand image, financing procedures affect customer decisions in choosing murabahah financing products at Bank Syariah Indonesia KCP Tangerang City from an Islamic perspective? This type of research is field research, data collection from customers is carried out directly in the field by distributing questionnaires. While the approach used in this research is a quantitative approach. Determination of the sample using probability sampling techniques and based on slovin calculations, a sample of 86 respondents was determined. This shows the acceptance of the hypothesis stating that independent variables (service quality, brand image, financing procedures) have a simultaneous (together) and significant effect on the dependent variable (on customer decisions in choosing murabahah financing products) in an Islamic perspective. According to Antonio, the brand image perspective consists of Siddiq's truth of the brand image in accordance with Islam because Bank Syariah Indonesia in submitting financing, transparent financing procedures to customers, Amanah in providing the best and fastest service quality, has integrity fathonah in employee knowledge of customers in products and Islamic principles, tablig has good communication values between employees and fellow customers. Keywords: Service Quality, Brand Image, Financing Procedures, Customer Decisions.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 04:14 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 04:14 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35617 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |