PENGARUH PRODUCT BUNDLING DAN SELLER REPUTATION TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN PURCHASE INTENTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BODY LOTION SCARLETT WHITENING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Pengguna Body Lotion Scarlett Whitening di Kota Bandar Lampung)

HELLEN, YOLANDA (2024) PENGARUH PRODUCT BUNDLING DAN SELLER REPUTATION TERHADAP PURCHASE DECISION DENGAN PURCHASE INTENTION SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA BODY LOTION SCARLETT WHITENING DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada Pengguna Body Lotion Scarlett Whitening di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI LENNA BA 1-4-5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Hellen Yolanda Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Di Indonesia saat ini, pertumbuhan kosmetik sangat berkembang dengan pesat. Setiap perusahaan bersaing untuk melakukan inovasi agar para konsumen selalu membeli produk yang mereka jual. Salah satu produk yang diminati oleh masyarakat yaitu body lotion. Body lotion lokal yang cukup dikenal di kalangan masyarakat, yaitu dari Scarlett Whitening. Scarlett merupakan produk lokal milik Felicya Angelista yang baru dikenalkan pada 2017. Dengan umur yang dapat dikatakan muda, Scarlett bertumbuh dengan cepat dan dapat bersaing dengan brand-brand multinasional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh product bundling dan seller reputation terhadap purchase decision dengan purchase intention sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dilihat dari sifatnya, penelitian ini bersifat deskriptif yang ditunjukkan untuk menggambarkan situasi atau kejadian yang terjadi. Dengan jumlah variabel bebas sebanyak 2 variabel yaitu Product Bundling (X1) dan Seller Reputation, 1 variabel terikat yaitu Purchase Decision (Y), dan 1 variabel mediasi yaitu Purchase Intention (Z). Populasi dalam penelitian ini yaitu pengguna body lotion Scarlett Whitening di Kota Bandar Lampung dengan jumlah yang tidak diketahui. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah Non-probability sampling dengan cara accidential sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dokumenter, dan studi kepustakaan. Berdasarkan pengujian data yang telah dilakukan oleh peneliti, didapatkan hasil bahwa product bundling, seller reputation, dan purchase intention memiliki pengaruh positif signifikan terhadap purchase intention. Variabel product bundling dan seller reputation berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention. Variabel purchase intention mampu memediasi pengaruh product bundling terhadap purchase decision dengan model partial mediation. Variabel purchase intention mampu memediasi pengaruh seller reputation terhadap purchase decision dengan model full mediation dengan objek pengguna body lotion Scarlett Whitening di Kota Bandar Lampung. Kata kunci: Product Bundling, Seller Reputation, Purchase Intention, Purchase Intention. ABSTACT In Indonesia currently, the growth of cosmetics is growing very rapidly. Every company competes to innovate so that consumers always buy the products they sell. One product that is popular with the public is body lotion. A local body lotion that is well known among the public, namely from Scarlett Whitening. Scarlett is a local product owned by Felicya Angelista which was only introduced in 2017. With a young age, Scarlett is growing quickly and can compete with multinational brands. The aim of this research is to determine the influence of product bundling and seller reputation on purchase decisions with purchase intention as a mediating variable. This research uses quantitative methods. Judging from its nature, this research is descriptive in nature which is intended to describe the situation or event that occurred. With a total of 2 independent variables, namely Product Bundling (X1) and Seller Reputation, 1 dependent variable, namely Purchase Decision (Y), and 1 mediating variable, namely Purchase Intention (Z). The population in this study is an unknown number of Scarlett Whitening body lotion users in Bandar Lampung City. The sampling technique in this research is non-probability sampling using accidental sampling, namely a sampling technique based on chance, that is, anyone who happens to meet the researcher can be used as a sample, if it is deemed that the person they happen to meet is suitable as a data source. Data collection uses questionnaires, interviews, documentaries and literature studies. Based on data testing carried out by researchers, the results showed that product bundling, seller reputation and purchase intention have a significant positive influence on purchase intention. The product bundling and seller reputation variables have a significant positive effect on purchase intention. The purchase intention variable is able to mediate the influence of product bundling on purchase decisions with a partial mediation model. The purchase intention variable is able to mediate the influence of seller reputation on purchase decisions with a full mediation model with the object being Scarlett Whitening body lotion users in Bandar Lampung City. Keyword: Product Bundling, Seller Reputation, Purchase Intention, Purchase Intention.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Bisnis Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2024 08:04
Last Modified: 02 Oct 2024 08:04
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35598

Actions (login required)

View Item View Item