Anggi, Ulya Ramadhania (2024) STRATEGI PEMASARAN MINAWISATA PADA KELOMPOK BINTANG BAHARI II DI PULAU PASARAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK Strategi Pemasaran dapat juga diartikan sebagai rangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka mencapai jumlah tertentu karena potensi untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut. Strategi pemasaran sangat penting dalam keberlanjutan usaha perikanan. Pemasaran dalam penelitian ini ialah jenis strategi pemasaran yang selama ini dilakukan oleh kelompok bintang bahari II dalam kegiatan minawisata yang ada di Pulau pasaran ini, memasarkan dengan program promosi secara langsung maupun menggunakan media sosial. Dan masalah yang dihadapi oleh anggota kelompok nelayan karena rendahnya pengetahuan pemasaran, terutama dalam menerapkan strategi pemasaran modern seperti pemasaran digital atau penggunaan media sosial. Sehingga promosi tempat wisata seperti pemancingan ikan di keramba apung melalui media sosial masih terbatas. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan deskripsi berupa kata-kata dari fenomena yang diteliti atau dari orang yang berkompeten di bidangnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research). Pada penelitian tersebut penulis langsung ke lapangan untuk mencermati secara intensif mengenai strategi pemasaran minawisata pada kelompok bintang bahari II dalam menarik dan meningkatkan wisatawan. Hasil penelitian strategi pemasaran yang di terapakan oleh kelompok bintang bahari II dalam memasarkan minawisata memiliki strategi yang mengedepankan 7p yaitu produk (Product), Harga (Price), Lokasi (Place), Promosi (Promotion), Proses (Process), Sarana fisik (Physical Evidence) dan Orang (people) dalam menarik dan meningkatkan kunjungan wisatawan agar terjamin kepuasan, kenyamanan, kebersihan yang membuat pengunjung merasa nyaman dan ingin datang kembali. Dan jika dilihat dari hasil analisis SWOT yang digunakan dalam penelitian ini dapat diperoleh yaitu strategi SO memperketat kontrol pengembangan kualitas dan pemasaran minawisata, melakukan kegiatan promosi dalam menarik minat kunjungan wisatawan. strategi WO memanfaatkan sumber daya alam dan pelatihan sumber daya manusia. strategi ST melakukan perencanaan yang baik untuk pemasaran jangka panjang dalam melakukan pengembangan dan pemasaran pariwisata sesuai efisiensi anggaran yang di berikan. strategi WT membuat strategi pemasaran dalam jangka panjang untuk dapat bersaing di pasar dalam bidang pariwisata yang terbuka secara global. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Menarik minat dan meningkatkan jumlah wisatawan dan Analisis SWOT. ABSTRACT Marketing Strategy can also be interpreted as a series of efforts carried out by a company in order to achieve a certain number because the potential to sell a proposition is limited to the number of people who know about it. Marketing strategies are very important in the sustainability of fisheries businesses. Marketing in this research is a type of marketing strategy that has been carried out by the Bintang Bahari II group in its tourism activities on Pasar Island, marketing with direct promotional programs or using social media. And the problems faced by members of fishing groups are due to their lack of marketing knowledge, especially in implementing modern marketing strategies such as digital marketing or the use of social media. So promotion of tourist attractions such as fishing in floating cages via social media is still limited. In this research, the author uses qualitative methods, namely research that produces descriptions in the form of words from the phenomena being studied or from people who are competent in their field. This research is a type of field research. In this research, the author went directly to the field to look intensively at the marketing strategies of Minawisata in the Maritime Star II group in attracting and increasing tourists. The results of the marketing strategy research applied by the Bintang Bahari II group in marketing Minawisata have a strategy that prioritizes 7p, namely product, price, location, promotion, process, physical facilities. Evidence) and People in attracting and increasing tourist visits to ensure satisfaction, comfort and cleanliness that make visitors feel comfortable and want to come back. And if you look at the results of the SWOT analysis used in this research, it can be seen that SO's strategy is to tighten control over quality development and marketing of Minawisata, carrying out promotional activities to attract tourist visits. WO strategy utilizes natural resources and human resource training. ST's strategy is to carry out good planning for long�term marketing in developing and marketing tourism according to the efficiency of the budget provided. WT strategy creates a long-term marketing strategy to be able to compete in the market in the tourism sector which is open globally. Keywords: Marketing Strategy, Attracting interest and increasing the number of tourists and SWOT Analysis.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Dakwah |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 07:27 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 07:27 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35592 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |