PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi kasus Pada Perusahaan di Jakarta Islamic Index tahun 2020-2022)

LAILATUL, FITRIA (2024) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi kasus Pada Perusahaan di Jakarta Islamic Index tahun 2020-2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of bab 1,2 & dapus.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of Skripsi Laila.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam suatu organisasi bisa dipastikan memiliki tujuan yang ingin dicapai. Organisasi-organisasi ini tercermin dalam sebuah perusahaan. Perusahaan memiliki tujuan yang berbeda-beda, salah satunya yaitu memaksimalkan keuntungan atau profit. Semakin tinggi profit yang didapat, semakin tinggi juga tingkat kesejahteraan para anggota perusahaan. Keuntungan yang diperoleh antara lain bisa berasal dari laba bersih perusahaan dan bisa juga berasal dari peningkatan harga saham. Meningkatkan harga saham perusahaan berarti meningkatkan nilai perusahaan itu sendiri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan di Jakarta Islamic Index. Secara simultan, profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan di Jakarta Islamic Index. Hasil uji determinasi R2, profitabilitas, ukuran perusahaan dan umur perusahaan menghasilkan adjust r square sebesar 78%, dan sisanya 22% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dalam syariat islam aktivitas manusia harus dilakukan sesuai dengan ajaran Allah SWT agar mencapai kesejahteraan dunia dan akhirat. Hal tersebut sesuai dengan filosofis Al-Qur’an bahwa semua aktivitas manusia harus diarahkan untuk mencapai falah atau kesejahteraan dunia dan akhirat. Kata Kunci: Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahan, Nilai perusahaan, Syari’at Islam. ABSTRACT In an organization, it is certain that there are goals that it wants to achieve. These organizations are reflected in a company. Companies have different goals, one of which is maximizing profits. The higher the profit obtained, the higher the level of welfare of company members. The profits obtained can, among other things, come from the company's net profit and can also come from increasing share prices. Increasing the company's share price means increasing the value of the company itself. This research uses quantitative research methods. The research results show that partially, profitability, company size and company age have no effect on company value in the Jakarta Islamic Index. Simultaneously, profitability, company size and company age have no effect on company value in the Jakarta Islamic Index. The results of the R2 determination test, profitability, company size and company age produced an adjusted R square of 78%, and the remaining 22% was influenced by other variables not examined in this research. In Islamic law, human activities must be carried out in accordance with the teachings of Allah SWT in order to achieve prosperity in this world and the hereafter. This is in accordance with the philosophy of the Qur'an that all human activities must be directed towards achieving falah or prosperity in this world and the hereafter. Keywords: Company, Profitability, Company Size, Company Age, Company Value, Islamic Sharia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:00
Last Modified: 02 Oct 2024 07:00
URI: https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35587

Actions (login required)

View Item View Item