Arif, Setiawan (2024) ANALISIS PENGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM DALAM PERSPEKTIF BISNIS ISLAM (Studi pada UMKM Vee Store Katibung Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Perkembangan era digital di Indonesia sangat pesat, dengan teknologi informasi seperti e-commerce yang mempermudah bisnis dan kehidupan sehari-hari. Pelaku bisnis menghadapi persaingan ketat, menjadikan e-commerce strategi utama untuk meningkatkan efisiensi dan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan E-commerce terhadap peningkatan penjualan dalam perspektif bisnis islam pada UMKM Vee Store Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari narasumber melalui wawancara bersama pemilik dan karyawan UMKM Vee Store Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Sedangkan data sekunder diperoleh dari berbagai refrensi yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak penggunaan e-commerce terhadap peningkatan penjualan dan pendapatan pada UMKM Vee Store, meski ada tantangan kualitas sistem dan akses internet. Vee Store juga menerapkan etika bisnis Islam berdasarkan prinsip taqwa, aqshid, khidmad, dan amanah, mendukung pertumbuhan dan reputasi positif mereka. Strategi pemasaran yang efektif, produk beragam, dan layanan berkualitas membantu Vee Store mencapai target penjualan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan, membuktikan e-commerce efektif untuk pertumbuhan bisnis. Kata Kunci: Penggunaan E-commerce, Peningkatan Penjualan, Persfektif Bisnis Islam. ABSTRACT The development of the digital era in Indonesia is very rapid, with information technology such as e-commerce that makes business and daily life easier. Business actors face fierce competition, making e-commerce the main strategy to increase efficiency and competitiveness. This study aims to analyze the use of E-commerce to increase sales from an Islamic business perspective at the Vee Store Micro, Small and Medium Enterprises, Katibung District, South Lampung Regency. This study is a qualitative study with data collection methods in the form of interviews, observations and documentation. Primary data was obtained directly from sources through interviews with the owners and employees of the Vee Store Micro, Small and Medium Enterprises, Katibung District, South Lampung Regency. While secondary data was obtained from various references related to the study. The results of this study indicate the impact of the use of e-commerce on increasing sales and income at the Vee Store Micro, Small and Medium Enterprises, despite challenges in system quality and internet access. Vee Store also applies Islamic business ethics based on the principles of taqwa, aqshid, khidmad, and amanah, supporting their growth and positive reputation. Effective marketing strategies, diverse products, and quality services help Vee Store achieve sales targets and strengthen customer relationships, proving e-commerce is effective for business growth. Keywords: E-commerce Usage, Sales Increase, Islamic Business Perspective.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 02:30 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 02:30 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35535 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |