Ana, Saroja (2024) IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR TINGKAT TINGGI (HOTS) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN 11 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (4MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Model Cooperative Learning Type Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MIN 11 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu data primer yaitu sumber data langsung dari responden dan sumber data sekunder yaitu sumber dari yang tidak secara langsung dari responden. Berdasarkan paparan data dan pembahasan tentang Implementasi Model Cooperative Learning Type Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MIN 11 Bandar Lampung, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa Implementasi Model Cooperative Learning Type Rotating Trio Exchange (RTE) Terhadap Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi (HOTS) Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di MIN 11 Bandar Lampung telah terlaksana dengan baik karena hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dapat memenuhi kemampuan berpikir tingkat tinggi dilihat dari level menganalisis, dimana subjek dapat membedakan hal-hal yang relevan, dapat mengorganisasikan informasi dan dapat menghubungkan informasi dalam suatu konsep. Pada level mengevaluasi, subjek dapat memeriksa fakta-fakta yang ada dan mengkritisi suatu hal yang kurang tepat dan pada level mencipta, subjek dapat menciptakan dan merancang langkah-langkah pemecahan masalah dan menghasilkan produk baru. Namun dalam mengimplementasikan model RTE masih terdapat hambatan seperti butuh waktu lama dan jumlah peserta didik yang tidak pas untuk menjadi kelipatan 3 perkelompoknya. Kata Kunci: Rotating Trio Exchange (RTE), kemampuan berpikir tingkat tinggi, menganalisis, mengevaluasi, mencipta iv ABSTRACT This research aims to determine the implementation of the Cooperative Learning Type Rotating Trio Exchange (RTE) Model on Higher Level Thinking Abilities (HOTS) in Class V Science Subjects at MIN 11 Bandar Lampung. The method used is qualitative. The approach used in this research is a qualitative-descriptive approach. The data collection techniques used in this research are observation, interviews and documentation. The data sources for this research are primary data, namely data sources directly from respondents and secondary data sources, namely sources that do not directly come from respondents. Based on the data presentation and discussion regarding the Implementation of the Cooperative Learning Type Rotating Trio Exchange (RTE) Model on High Level Thinking Skills (HOTS) in Class V Science Subjects at MIN 11 Bandar Lampung, the researcher can conclude that the Implementation of the Cooperative Learning Type Rotating Trio Model Exchange (RTE) on High Level Thinking Abilities (HOTS) in Class V Science Subjects at MIN 11 Bandar Lampung has been carried out well because the research results show that the subject can fulfill high level thinking abilities seen from the level of analysis, where the subject can distinguish things relevant things, can organize information and can connect information into a concept. At the evaluating level, the subject can examine existing facts and criticize things that are not quite right and at the creating level, the subject can create and design steps to solve problems and produce new products. However, in implementing the RTE model there are still obstacles such as it takes a long time and the number of students is not suitable for multiples of 3 per group. Keywords: Rotating Trio Exchange (RTE), high level thinking skills, analyzing, evaluatin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 07:04 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 07:04 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |