Oksi, Mala Sari (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE ROTATING TRIO EXCHANGE BERBANTU VIDEO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 02 MENDAYUN OKU TIMUR SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 02 Mendayun. Hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya kurangnya semangat belajar yang dimiliki dari masing-masing siswa, mengantuk, tidak konsentrasi dan fokus saat pembelajaran berlangsung, dan mengobrol dengan teman-temannya selama proses pembelajaran berlangsung. Peneliti ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 02 Mendayun. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Mendayun dengan subjek penelitian siswa kelas V sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan 2 siklus dengan 2 kali pertemuan dalam 1 siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif learning tipe rotating Trio exchange dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas V di SD Negeri 02 mendayun. Dari hasil pelaksanaan siklus 1 yang dilakukan dua kali pertemuan dan satu kali refleksi telah dapat terdapat kemajuan dan hasil belajar siswa pada siklus 1 dengan siswa yang kurang aktif dengan presentase 46,6%, siswa yang cukup aktif dengan presentase 30% dan siswa yang sangat aktif dengan persentase 13,34% Sedangkan ada peningkatan hasil belajar pada siklus 2 dengan siswa yang cukup aktif dengan presentase 16,66% dan siswa yang sangat aktif dengan presentase 83,34%. Kata kunci: model pembelajaran kooperatif learning tipe rotating Trio exchange (RTE), Hasil belajar, IPA. iv ABSTRACT This research is motivated by the low learning outcomes of students in science learning at SDN 02 Mendayun. This is due to several factors, including the lack of enthusiasm for learning that each student has, being sleepy, not concentrating and focusing during learning, and chatting with friends during the learning process. This researcher aims to improve student learning outcomes in class V science learning at SD Negeri 02 Mendayun. The type of research used is classroom action research. This research was carried out at SD Negeri 02 Mendayun with 30 class V students as research subjects, consisting of 10 female students and 10 male students. Implementation of this classroom action research starts from planning, implementation, observation and reflection. The data collection techniques used are observation, documentation and tests. This research was carried out using 2 cycles with 2 meeting cycles in 1 cycle. Based on the research results, it shows that the application of the rotating Trio exchange cooperative learning model can improve student learning outcomes in grade V science learning at SDN 02 Mendayun. From the results of the implementation of cycle 1 which was carried out twice in meetings and one reflection, it was possible to see progress and student learning outcomes in cycle 1 with students who were less active with a percentage of 46.6%, students who were quite active with a percentage of 30% and students who are very active with a percentage of 13,34%. Meanwhile there is an increase in learning outcomes in cycle 2 with students who are quite active with a percentage of 16,66% and students who are very active with a percentage of 83,34%. Keywords: rotating Trio exchange (RTE) cooperative learning model, learning outcomes, science.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 06:50 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 06:50 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |