MUHAMMAD, IQBAL SYAIFULLAH (2024) PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, PEMASARAN MEDIA SOSIAL DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA UMKM KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF BISNIS SYARIAH (Studi Pada UKM Kecamatan Kemiling). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.
![]() |
PDF
Download (3MB) |
![]() |
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan urat nadi perekonomian daerah dan nasional. Namun, banyak hal yang menjadi permasalahan umum yang terkait dengan UMKM, yaitu rendahnya daya saing, lemahnya penguasaan akses teknologi, belum terbentukan pola kemitraan dan jejaring usaha, rendahnya kualitas produk, lemahnya akses dan penguasaan pasar, terbatasnya dukungan sarana dan prasarana usaha, lemahnya kemampuan berinovasi, dan kurangnya informasi serta akses ke lembaga keuangan. Penelitian ini dilakukan pada UKM di Kecamatan Kemiling dengan beberapa rumusan masalah, yaitu; apakah kompetensi sumber daya manusia dapat mempengaruhi kinerja UKM di Kecamatan Kemiling; apakah pemasaran media sosial dapat mempengaruhi kinerja UKM di Kecamatan Kemiling; apakah inovasi produk dapat mempengaruhi kinerja UKM di Kecamatan Kemiling; apakah kompetensi sumber daya manusia, pemasaran media sosial dan inovasi produk dapat mempengaruhi kinerja UKM di Kecamatan Kemiling; bagaimana kompetensi sumber daya manusia, pemasaran media sosial dan inovasi produk meningkatkan kinerja UMKM dalam perspektif bisnis syariah. Jenis penelitian ini penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel sebanyak 92 responden yang ditentukan dengan rumus slovin. Metode analisis data menggunakan IBM Statistik SPSS 26. Adapun uji analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji-t dan uji-f, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, pemasaran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan, serta kompetensi sumber daya manusia, pemasaran media sosial dan inovasi produk berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Kata kunci : Kompetensi sumber daya manusia, pemasaran media sosial, inovasi produk, kinerja UMKM. ABSTRACT Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) are the lifeblood of the regional and national economy. However, many things are common problems related to MSMEs, namely low competitiveness, weak control of technology access, lack of partnership and business network patterns, low product quality, weak access and market control, limited support for business facilities and infrastructure, weak ability to innovate, and lack of information and access to financial institutions. This research was conducted on SMEs in Kemiling District with several problem formulations, namely; whether the competence of human resources can affect the performance of SMEs in Kemiling District; whether social media marketing can affect the performance of SMEs in Kemiling District; whether product innovation can affect the performance of SMEs in Kemiling District; whether human resource competence, social media marketing and product innovation can affect the performance of SMEs in Kemiling District, how human resource competence, social media marketing and product innovation improve the performance of MSMEs in the perspective of sharia business. This type of research is field research using a quantitative approach. The number of samples was 92 respondents determined by the slovin formula. The data analysis method uses IBM Statistics SPSS 26. The data analysis tests used were descriptive statistical tests, validity and reliability tests, classical assumption tests, t-tests and f�tests, and determination coefficient tests. The results of this study show that the competence of human resources has a positive and significant effect on the performance of MSMEs, social media marketing has a positive and significant effect on the performance of MSMEs, product innovation has a positive and significant effect, and human resource competence, social media marketing and product innovation have a simultaneous and significant effect on the performance of MSMEs. Keywords: Human resource competencies, social media marketing, product innovation, MSME performance.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Bisnis Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:39 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:39 |
URI: | https://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/35485 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |